Isu-Isu Sosial-Emosional di Sekolah Dasar: Tantangan dan Pendekatan Penanganannya
Sekolah dasar merupakan fase penting dalam perkembangan sosial-emosional anak. Pada usia ini, anak mulai belajar memahami emosi, membangun hubungan sosial, serta mengembangkan nilai-nilai moral. Namun, tidak jarang muncul berbagai isu sosial-emosional yang menghambat perkembangan tersebut, seperti bullying, masalah disiplin, dan interaksi sosial yang kurang harmonis di kelas.
Artikel ini akan membahas beberapa isu sosial-emosional yang umum terjadi di sekolah dasar, dampaknya terhadap anak, dan langkah-langkah yang dapat diambil oleh pendidik, orang tua, dan pihak sekolah untuk mengatasinya.
1. Bullying di Sekolah Dasar
a. Pengertian Bullying
Bullying adalah tindakan agresi yang dilakukan secara berulang-ulang dengan tujuan untuk menyakiti atau mendominasi individu lain yang dianggap lebih lemah. Tindakan ini bisa berupa fisik, verbal, atau sosial.
b. Bentuk-Bentuk Bullying di Sekolah Dasar
1. Bullying Fisik: Memukul, menendang, mendorong, atau tindakan kekerasan fisik lainnya.
2. Bullying Verbal: Mengejek, menghina, atau memberikan julukan yang menyakitkan.
3. Bullying Sosial: Mengucilkan, menyebarkan rumor, atau menghalangi anak lain untuk bergabung dalam kelompok.