Mohon tunggu...
Sri Budiarsih
Sri Budiarsih Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa Pascasarjana UPGRIS Semarang

Saya seorang mahasiswa pasca Sarjana UPGRIS sekaligus sebagai guru SMP. Membaca dan traveling kuliner merupakan kesenanganku.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Melatih Berpikir Kristis Siswa Dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

14 Juni 2024   14:26 Diperbarui: 14 Juni 2024   14:35 98
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kegiatan P5 di SMP N 16 Pekalongan

Kurikulum Merdeka, sebuah inovasi transformatif dalam sistem pendidikan Indonesia, hadir sebagai jawaban atas tantangan abad ke-21. Salah satu komponen kunci dalam Kurikulum Merdeka adalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yang bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda menjadi individu yang berkarakter kuat, berwawasan luas, dan mampu berpikir kritis.

P5 merupakan akronim dari lima pilar utama, yakni Penguatan Pendidikan Karakter, Literasi, Keterampilan Abad-21, Pembelajaran Tematik Terintegrasi, dan Asesmen Otentik. Melalui pendekatan holistik ini, Kurikulum Merdeka berupaya mengembangkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis, memecahkan masalah, dan memberikan solusi inovatif bagi tantangan yang mereka hadapi.

Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi bagaimana Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka dapat melatih dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis pada diri siswa. Dengan memahami konsep dan implementasi P5, kita dapat melihat potensi transformatif yang dimilikinya dalam mempersiapkan generasi muda Indonesia untuk menjadi pemimpin dan problem solver di masa depan.

Penguatan Pendidikan Karakter dan Berpikir Kritis
Salah satu pilar utama dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Melalui PPK, Kurikulum Merdeka bertujuan untuk membentuk karakter positif pada diri siswa, seperti integritas, kemandirian, gotong royong, nasionalisme, dan religiositas.

Karakter-karakter ini tidak hanya penting untuk kehidupan pribadi, tetapi juga memiliki keterkaitan erat dengan kemampuan berpikir kritis. Siswa yang memiliki integritas dan kemandirian cenderung lebih terbuka dalam mempertanyakan informasi dan tidak mudah menerima begitu saja apa yang disampaikan. Mereka akan berusaha mencari informasi dari berbagai sumber, menganalisis, dan mempertimbangkan berbagai sudut pandang sebelum mengambil kesimpulan.

Sementara itu, karakter gotong royong dan nasionalisme mendorong siswa untuk mengedepankan kepentingan bersama dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Hal ini dapat membantu mereka dalam melihat masalah dari berbagai perspektif dan mencari solusi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Religiositas juga memiliki peran penting dalam pengembangan berpikir kritis. Siswa yang religius cenderung memiliki pandangan yang luas dan menghargai keberagaman. Mereka akan berusaha memahami sudut pandang yang berbeda dan mencari titik temu, yang merupakan keterampilan penting dalam berpikir kritis.

Dengan demikian, Penguatan Pendidikan Karakter dalam Projek P5 Kurikulum Merdeka dapat menjadi fondasi yang kuat bagi pengembangan kemampuan berpikir kritis pada diri siswa. Karakter-karakter positif yang ditanamkan akan membekali mereka dengan sikap mental dan disposisi yang diperlukan untuk menjadi pemikir kritis yang handal.

Selain Penguatan Pendidikan Karakter, Literasi juga menjadi salah satu pilar penting dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka. Literasi tidak hanya mencakup kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga mencakup kemampuan untuk memahami, menafsirkan, dan mengkomunikasikan informasi dari berbagai sumber.

Kemampuan literasi yang baik sangat pendukung pengembangan berpikir kritis. Siswa yang memiliki keterampilan literasi yang memadai akan lebih mudah dalam mengakses, memahami, dan mengevaluasi informasi dari berbagai sumber. Mereka dapat membandingkan informasi, mengidentifikasi bias atau sudut pandang yang berbeda, serta mengambil kesimpulan yang logis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun