Mohon tunggu...
Sri Rahayu
Sri Rahayu Mohon Tunggu... Lainnya - Menyukai literasi

Seorang ibu rumah tangga

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Pengalamanku Mengurus Perpanjangan STNK Sendiri

8 November 2023   19:20 Diperbarui: 8 November 2023   19:27 240
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Samsat Citeureup, dokpri

Pengalamanku urus perpanjang STNK kendaraan

Sebagai warga negara yang baik harus membayar pajak tepat waktu. Begitulah kira-kira kata bijaksana tentang pajak. Dan saya adalah salah satunya. Dalam catatan selama saya mempunyai kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat, saya selalu tepat waktu membayar pajak.

Waktu saya masih aktif bekerja sebagai karyawan, pengurusan perpanjangan STNK saya serahkan pada agen penyedia jasa pengurusannya dengan memberikan tip dan uang jasa. Tapi sejak saya pensiun dan tidak banyak aktivitas, maka urusan ini saya jalankan sendiri.
Pengalaman saya selama mengurus sendiri perpanjangan STNK di Samsat di lingkungan saya ternyata sangat mudah dan tidak butuh waktu lama. 

Baca juga: Perpanjang SIM

Dan yang sangat membuat kita nyaman, sekarang sudah banyak gerai Samsat dan tidak ada calo yang berkeliaran di sana.

Masuk ke kantor Samsat, daftar, tunggu panggilan kira-kira 10 menit, melakukan pembayaran, kemudian menunggu stnk jadi. Waktu yang dibutuhkan tidak samapi satu jam. Sangat memuaskan pelayananya.

Kalau ganti plat nomer memang harus ke Samsat pusat. Untuk wilayahku ke daerah Cibinong. Lima tahun yang lalu waktu ganti plat masih banyak calo dan karena pengalaman pertama ganti plat ya jadinya kena calo juga sih dan agak maksa gitu calonya. 

Nah pada pengalaman ganti plat yang kedua bulan juli ini aman. Kantor Samsat pindah lokasi dan pengawalan nya ketat jadi tidak ada peluang calo masuk. Wah keren Polri dalam mengatasi hal ini. Padahal ketahuan yang ngurus emak-emak tapi syukurnya dipermudah sama Tuhan.
Demikian cerita tidak bermutu dari saya. Apakah ada yang punya pengalaman yang sama?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun