Mohon tunggu...
Sri sulastri
Sri sulastri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Ekonomi

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Definisi, Kelebihan, dan Kekurangan Endorsement

19 Mei 2024   12:55 Diperbarui: 19 Mei 2024   12:57 100
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

A. Definisi Endorsement

Endorsement merupakan tindakan atau wujud dukungan resmi atau persetujuan terhadap suatu produk, layanan, atau orang oleh pihak lain, terutama oleh tokoh terkenal, selebriti, atau pihak yang memiliki otoritas atau kepercayaan di bidang tertentu. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkuat citra positif, meningkatkan kepercayaan konsumen, dan mempromosikan suatu entitas atau merek.

Sedangkan pendapat lain yang menyatakan mengenai definisi endorsement yang dikemukakan oleh (Suryadi, 2006) endorsement adalah ikon atau sering disebut juga direct source (sumber langsung) untuk mengantarkan sebuah pesan dan atau memperagakan sebuah produk atau jasa dalam kegiatan promosi yang bertujuan untuk mendukung efektifitas penyampaian pesan produk.

B. Kelebihan Endorsement

Keuntungan endorsement, atau dukungan resmi terhadap suatu produk, layanan, atau individu oleh pihak lain, dapat mencakup beberapa aspek positif, antara lain:

1.Peningkatan kredibilitas

Dukungan dari tokoh terkenal atau otoritas di bidang tertentu dapat memberikan kredibilitas tambahan kepada produk atau layanan. Konsumen cenderung lebih percaya pada merek yang didukung oleh orang atau entitas yang dihormati atau dianggap berkompeten.

2.Meningkatkan kesadaran dan pengenalan merek

Endorsement dapat membantu meningkatkan kesadaran merek karena menciptakan asosiasi positif dengan tokoh terkenal atau otoritas di industri tersebut.

3.Memperkuat citra positif

Keterkaitan dengan tokoh yang memiliki reputasi baik dapat membantu membangun citra positif bagi merek atau individu yang di-endorse. Testimoni positif atau dukungan dari orang terkenal dapat menciptakan persepsi yang baik di mata konsumen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun