2.1.a.8. Koneksi Antar Materi - Modul 2.1
Pembelajaran Berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid. Sejatinya setiap peserta didik itu berbeda-beda sehingga tidak bisa diperlakukan sama, maka kita sebagai pendidik harus mampu memenuhi kebutuhan peserta didik tersebut.
Karakteristik dari pembelajaran berdiferensiasi antara lain adalah lingkungan belajar yang mampu mengundang peserta didik untuk belajar, kurikulum yang memiliki tujuan yang jelas, terdapat penilaian berkelanjutan, guru merespon kebutuhan peserta didik, serta management kelas efektif.
Apakah saya mengubah pemikiran saya sebagai akibat dari apa telah saya pelajari?
Bagaimana pembelajaran berdiferensiasi tersebut dapat diterapkan dikelas ?
Untuk dapat menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dikelas, tentu saja harus ada tahapan yang perlu dilakukan oleh seorang guru, seperti :
Melakukan pemetaan kebutuhan belajar peserta didik yang mencakup 3 aspek, yaitu kesiapan belajar, minat belajar, serta profil belajar.
Merencanakan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan hasil pemetaan .
Mengevaluasi dan refleksi pembelajaran yang sudah berlangsung.
Pembelajaran Berdiferensiasi dapat dilakukan di kelas dengan langkah-langkah sebagai berikut:
* Merumuskan tujuan pembelajaran