Penelitian  tindakan kelas ini upaya meningkatkan hasil yang di capai siswa dalam menerima materi yang di sampaikan guru di kelas..setiap siswa mempunyai karakter yang berbeda-beda,setiap siswa masing-masing  mempunyai kepribadian yang unik,berbeda satu sama yang lainnya.Bisa penulis gambarkan dengan contoh,adasiswa yang mempunyai karakter aktif di kelas,tidak bisa duduk dengan tenang di bangku kelasnya tetapi,siswa tersebut bisa menerima dan menangkap materi yang disampaikan oleh gurunya,dan ada juga siswa yang mempunyai sifat sebaliknya,tetapi dia sangat sulit menerima materi yang di sampaikan oleh gurunya sehingga mendaatkan hasilnya un berbeda tidak sesuai dengan kretaria ketuntasan minimum,atau lebih dikenal dengan sebutan nilai di bawah kkm.tetapi  bukan itu saja yang menjadi faktor siswa mendapatkan nilai di bawah KKM, yang tentunya ada faktor internal mapun eksternal  yang di hadapi oleh guru maupun siswa tersebut.
contoh faktor yang di hadapi oleh guru
- memakai metode pembelajaran yang kurang diminati oleh siswa(dalam arti memberi materi yang kurang menarik,tidak vareatif,cenderung membosankan siswa)
- kurangnya media pembelajaran  yang mendukung
- prasarana yang  kurang dll
contoh  faktor yang di hadapi oleh siswa
- kurangnya perhatian dari  keluarga
- daya konsentrasi  belajar yang kurang
- lingkungan yang tidak mendukung dll
untuk mengatasi  permasalahan tersebut di atas,karena banyaknya  siswa mendapatkan nilai yang  dibawah kkm,langkah- guru mengambil PTK atau penelitian tindakan kelas.
tahapan-tahapanya diantaranya sebagai berikut :
- Pendahuluan
- Identifikasi masalah
- Rumusan Masalah
- Identifikasi Masalah
- Cara menyelesaikan Masalah
- Hipotesis Tindakan
- Tujuan Penelitian dan manfaat penelitian
dan biasanya penelitian Tindakan kelas ini di awali dengan tahapan Pra Siklus,Siklus 1 dan Siklus 2 dan yang terakhir hasil dan dan kesimpulan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H