Rancangan Tindakan untuk Aksi Nyata
Judul Modul : 1.4 Budaya Positif
Latar belakang :
Tujuan Pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara adalah menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka dapat mencapai kebahagiaan setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Dalam hal menuntun tersebut guru berpijak pada nilai dan peran guru sebagai pemimpin pembelajaran di kelas, menghantarkan peserta didik pada nilai-nilai profil pelajar pancasila melalui pembiasaan, hal ini dapat dilakukan melalui budaya positif di kelas dengan membimbing peserta didik menemukan serta menerapkan keyakinan kelas yang telah mereka sepakati sebagai wujud perubahan ke hal yang lebih baik untuk menjadi orang yang mereka inginkan dan menghargai diri sendiri dengan nilai-nilai yang mereka percaya. Ketika murid-murid kita memiliki motivasi tersebut, mereka telah memiliki motivasi intrinsik yang berdampak jangka panjang, motivasi yang tidak akan terpengaruh pada adanya hukuman atau hadiah. Mereka akan tetap berperilaku baik dan berlandaskan nilai-nilai kebajikan karena mereka ingin menjadi orang yang menjunjung tinggi nilai-nilai yang mereka hargai, atau mencapai suatu tujuan mulia.
Tujuan :
Adapun tujuan yang diharapkan pada aksi nyata ini adalah
- Mewujudkan Merdeka belajar pada peserta didik dengan memberikan kebebasan untuk mengemukakan pendapat mengenai keyakinan-keyakinan kelas apa saja yang mereka inginkan dan menuangkan ide, pendapat dan gagasan mereka secara terbuka dan demokratis.
- Mewujudkan disiplin positif peserta didik yang kemudian menjadi budaya positif dimana peserta didik menjalankan keyakinan kelas yang disepakati bersama dengan kesadaran diri dan tanpa tekanan.
- Membentuk karakter positif pada peserta didik melalui kebiasaan-kebiasaan positif, perilaku positif, dan keteladanan dari semua warga sekolah (Guru dan murid)
- Menumbuhkan motivasi instrinsik peserta didik terhadap penanaman nilai-nilai kebajikan
Tolok Ukur :
Dalam melaksanakan aksi nyata ini indicator yang dapat dijadikan acuan bahwa tindakan ini berjalan dengan baik adalah:
- Tercipta merdeka belajar pada peserta didik ( dengan bebas mengemukakan pendapat untuk keyakinan-keyakinan yang ingin mereka sepakati)
- Peserta didik menjalankan kesepakatan kelas tanpa tekanan
- Terjalin komunikasi aktif antara Guru dan Peserta didik
- Peserta didik menjalankan keyakinan kelas secara luas (di sekolah dan dirumah)
Linimasa tindakan yang akan dilakukan :
Rincian tindakan aksi nyata yang akan saya lakukan dalam penerapan budaya positif “Keyakinan Kelas” :
Meminta dukungan dari kepala sekolah untuk membuat aksi nyata tentang budaya positif di sekolah.