Mohon tunggu...
Sukmawandi Rahmat
Sukmawandi Rahmat Mohon Tunggu... Mahasiswa -

Hidup adalah Seni Menggambar Tanpa Penghapus [John W. Gardener]

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Mengapa Sulit Mengumpulkan Donasi Online?

20 Agustus 2018   19:12 Diperbarui: 20 Agustus 2018   19:18 343
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gempa 7.0 SR kembali mengguncang Lombok provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada pukul 21.56 dengan titik gempa berada di koordinat 8,28 Lintang Selatan dan 116,71 Bujur Timur,  30 KM Timur Laut Lombok  Timur -- NTB pada kedalaman 10 KM.

Berkat kecerdasan dan internet, situs web dan media sosial penggalangan dana atau kegiatan amal mampu menyebarkan pesan lebih mudah dan menjangkau kelompok penyumbang (donatur) yang lebih besar dari seluruh dunia.

Pernyataan itu kenyataannya terbalik bagi saya, beberapa situs penggalangan dana saya coba namun hingga saat ini belum juga membuahkan hasil. Ternyata tidak segampang itu bisa mengumpulkan donasi dalam waktu yang singkat. Sharing melalui sosial media juga saya coba, dan tetap saja tidak membuahkan hasil.

Penggalangan dana online saya lakukan karena banyaknya teman-teman dari Lombok Utara yang mencoba meminta bantuan kepada saya, ada yang membutuhkan beras, makanan, obat-obatan, penampungan air, air minum, dan sebagainya.

Lombok Utara memang mendapatkan banyak bantuan, namun di daerah teman saya ini sama sekali belum mendapatkan bantuan sama sekali. Banyak yang bilang daerahnya memang sulit dijangkau.

Tadi siang, salah satu teman dari Lombok Timur menelpon saya. Dia bilang rumah-rumah sudah tidak layak untuk dihuni dan mereka membutuhkan tenda sebagai tempat tidur dan beberapa bahan makanan.

Saya pikir saya bisa mengumpulkan donasi untuk korban gempa Lombok dalam waktu yang cepat setidaknya seminggu, namun kenyataannya tidak demikian. Saya bagikan di sosial media, palingan cuma di like saja, likenya paling banyak 5 like, apalagi di-share sama orang juga tidak ada. Saya tidak memiliki koneksi dengan banyak orang, bisa dibilang kurang populer di kalangan sosial media.

Cara terakhir adalah mencoba memakai kompasiana, siapa tahu ada yang berminat berdonasi maupun membagikan postingan ini. Teman-teman di Lombok sangat membutuhkan bantuan secepatnya karena kebutuhan setiap hari untuk makan apalagi untuk daerah yang belum tersentuh bantuan.

Mohon doa dan bantuannya untuk dishare, bagi yang ingin berdonasi bisa klik link di bawah ini:

LINK DONASI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun