HUMAS atau hubungan masyarakat adalah sebuah bagian dari  tatanan dalam institusi yang berperan melakukan kegiatan internal dan eksternal dimana menghubungkan kepentingan sebuah institusi dengan dunia di luar insititusi atau masyarakat. Upaya memperkenalkan insitusi kepada dunia luar dibutuhkan suatu strategi yang taktis. Bidang apa yang di tekuni oleh sebuah organisai misal institusi perguruan tinggi, maka apa yang menjadi unggulan sebuah Perguruan Tinggi itu yang harus di tonjolkan baik melalui media cetak, elektronik, media sosial seperti facebook, instagram, WAG, you tube, muapun kegiatan-kegiatan yang membutuhkan kerjasama dengan eksternal.
Humas memiliki peran penting dalam upaya memperkenalkan, mensosialisasilan, menghubungkan sebuah institusi kepada masyarakat melalui berita-berita yang positif tentang perguruan tinggi baik mulai dari dosen, mahasiswa bahkan tenaga pendidiknya. Hal tersebut tentunya akan membawa dampak dapat dikenal oleh masyarakat dan akan membawa daya tarik masyarakat untuk masuk ke dalam Perguruan tinggi tersebut.Â
Humas adalah "Pakaian organisasi" ibarat baju akan menggambarkan orang yang memakainya, demikian halnya dengan Humas yang akan menggambarkan citra sebuah Perguruan Tinggi. Â Kegiatan kehumasan harus mempresentasikan seluruh isi dari Perguruan tinggi tersebut.Â
Humas tidak hanya berfokus kepada pengembangan komunikasi dengan eksternal namun juga komunikasi dengan internal menjadi sangat penting, oleh karena itu setiap bagian dalam sebuah Perguruan tinggi sangat berhubungan dengan kehumasan baik  kegiatan dosen, kegiatan mahasiswa, dan kegiatan tendik.Â
Salah satu yang menjadi bagian kinerja Humas adalah pengelolaan media sosial, selain sebagai penunjang kinerja Humas, juga kita tahu bahwa di era 4.0 ini medsos telah menjadi anak emas dalam kehidupan manusia, siapa sih generasi muda- dewasa tengah saat ini yang tidak memiliki akun Facebook, instagram, youtube, twitter, line, WAG ? nah melalui medsos ini humas bekerja untuk menampilkan isi perguruan tinggi mengunggah berbagai event kegiatan kampus. Perguruan tinggi juga menciptakan WEB, merapikan dan meng update setiap kegiatan ke dalam WEB PT, bila perlu membuat WEB berbahasa Inggris. Â Siapa sajakah yang terlibat dalam kegiatan Humas? semua unsur civitas dalam perguruan tinggi sebaiknya turut berkontribusi, Â mulai dari dosen, mahasiswa dan tendik. Kegiatan Humas melibatkan mahasiswa yang aktif dan kreatif di media sosial, kita minta kontribusi dalam membuat konten video, konten kegiatan belajar mahasiswa, Â konten promosi Perguruan tinggi, poster poster yang menarik. Contoh di beberapa perguruan Tinggi telah menerima mahasiswa untuk magang di kehumasan dengan memberikan reward antara 30.000-40.000/jam ini sangat menarik karena memang gudang ide, kreatifitas itu terletak pada mahasiswa/generasi muda, dan disisi lain mahasiswa juga akan memperoleh kesempatan pengalaman bekerja diluar keilmuannya.
Humas harus bisa menjual perguruan tinggi, Â tentu, karena bagian dari perannya adalah marketing. Untuk itu Humas harus memahami apa kebutuhan customer dan bagaimana memuaskan customer. Dalam perguruan tinggi bagaimana memuaskan customer adalah dengan pelayanan kepada mahasiswa yang baik, menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran yang sesuai dan memadai. salah satu indikator kinerja Dekan adalah sebanyak apa berita kegiatan positif yang di unggah atau di sampaikan kepada dunia luar.Â
Demikian banyak fungsi Humas dalam Perguruan tinggi, maka bisa kita simpulkan bahwa 3 kunci Humas adalah informasi/komunikasi, publikasi dan marketing
Salam HumasÂ
Sri Puji Lestari/Humas UNKAHA/081382423766
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H