Mohon tunggu...
Anam LittleBell
Anam LittleBell Mohon Tunggu... Lainnya - Aktif

''Freedom of speech'' Sampaikan keresahanmu sekecil apapun

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

1000 Kebaikan VS 1 Kesalahan

25 Juni 2024   09:18 Diperbarui: 25 Juni 2024   09:31 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Manusia sebagai makhluk Tuhan pastinya banyak memiliki kesalahan, baik disengaja maupun tidak disengaja. Seperti halnya suatu barang yang rusak masih bisa diperbaiki dan kalaupun tidak bisa diperbaiki masih bisa diganti dengan barang baru. 

Begitu juga dengan Manusia yang melakukan kesalahan, Manusia tersebut bisa memilih untuk memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan dan juga bisa memilih untuk tidak memperbaiki atau bahkan mengabaikan kesalahan yang telah ia buat. Bahkan jika Kesalahan seseorang tidak dapat diperbaiki setidaknya masih bisa dimaafkan dengan  melakukan hal yang baik.

Namun di sini saya tidak akan membahas mengenai hal yang telah disampaikan di atas. Saya akan membahas mengapa dengan satu kesalahan seseorang melupakan 1000 kebaikan yang dilakukan orang yang berbuat kesalahan tersebut. Tidak adil jika 1000 kebaikan yang telah dilakukan seseorang tiba tiba Sirna atau Musnah ketika orang tersebut melakukan sedikit ataupun hanya satu kesalahan.

Seharusnya kita bisa lebih bijak dalam menanggapi masalah ini dengan Lebih melakukan introspeksi dan juga mendalami kesalahannya serta tak lupa untuk memaafkannya, Karena setiap orang yang melakukan kesalahan pasti memiliki sebuah alasan dan juga dari semua kesalahan yang ia buat pasti dia juga pernah melakukan kebaikan. Maka dari itu kita Sebagai masyarakat yang cerdas seharusnya menilai dengan lebih objektif jangan hanya menuruti ego kita saja.

Memang benar bahwa manusia itu sangatlah variatif ada yang memiliki Pemikiran sumbu pendek, sumbu menengah, dan juga sumbu panjang. 

Alangkah baiknya kita sebagai masyarakat yang masuk dalam golongan manusia yang berpikir atau memiliki pemikiran sumbu panjang. Dan juga kita harus lebih objektif dalam memandang sesuatu agar keputusan yang diambil tidak merugikan pihak satu ataupun pihak yang lain.

#keresahan15

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun