Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kini mulai merambah pada pemasaran digital dengan memanfaatkan internet dan media sosial. Salah satu platform yang paling banyak dimanfaatkan oleh UMKM untuk berjualan adalah Instagram. Apakah kamu salah satu pengguna Instagram yang memanfaatkan platform tersebut untuk berjualan? Jangan lupa untuk membuat konten semenarik mungkin agar audiens betah di akun bisnis yang kamu jalankan, ya!
Konten seperti apa sih yang sebaiknya dibuat oleh pelaku UMKM? Guna menarik minat calon konsumen, konten yang dihasilkan harus kreatif, unik, bermanfaat, dan tentunya disesuaikan dengan target pasar. Berikut ini 5 ide konten Instagram untuk bisnis UMKM yang dapat diterapkan.
1. Pengetahun Tentang Produk
Pengetahun tentang produk yang dijual sangat dibutuhkan oleh calon pembeli. Daripada sekadar menggunggah gambar 'mentah' produk, lebih baik jika kontennya diubah menjadi informasi tentang produk tersebut. Misalnya untuk UMKM keripik pisang dapat membuat konten tentang informasi bahan baku yang digunakan, tekstur keripik, kemasan yang digunakan, dan lain-lain.
2. Konten "How To"
Konten how to ini sifatnya edukatif dan informatif. Biasanya menjelaskan suatu cara yang dapat membantu konsumen. Misalnya, UMKM batik dapat membuat konten cara mencuci kain batik yang benar, cara membuat kain batik tulis, dan cara membeli batik dari bisnis UMKM kamu. Konten dapat dibuat dalam bentuk infografik atau video agar lebih menarik.
3. Konten Hiburan
Konten yang tujuannya untuk menghibur audiens ini dapat meningkatkan engagement akun bisnis kamu, loh! Kamu dapat memanfaatkan momen atau konten lain yang sedang viral lalu mengaitkannya dengan usaha yang dijalankan. Konten dapat berupa meme atau video.Â
4. Konten Edukasi
Konten edukasi bertujuan untuk memberikan informasi kepada audiens agar mereka mengetahui fakta baru. Misalnya, UMKM abon ikan lele dapat membuat konten tentang manfaat produk tersebut. Jika usaha kamu adalah jualan manisan carica, maka konten edukasinya dapat berupa penyampaian fakta unik tentang carica.
5. Konten Promosi
Konten promosi adalah konten yang paling ditunggu oleh audiens. Kamu dapat membuat konten diskon pada perayaan hari besar, give away, atau kuis. Jenis konten ini dapat meningkatkan penjualan sekaligus engagement akun bisnis UMKM.
Setelah menyiapkan 5 ide konten di atas, UMKM juga harus menyiapkan jaringan internet terbaik agar pengelolaan media sosial untuk berjualan dapat maksimal. Internet provider IndiHome dari Telkom Indonesia dapat menjadi pilihan karena tersedia di seluruh Indonesia dengan koneksi super cepat.
Sudah siap untuk naik kelas dengan menerapkan digital marketing? Yuk, terapkan 5 ide konten Instagram di atas agar bisnis kamu makin bersaing!
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI