Mohon tunggu...
Soraya Fatimah kubro
Soraya Fatimah kubro Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Sebagai anak yang memiliki disleksia, saya memiliki kesulitan dalam menulis. Namun, saya memiliki mimpi untuk menjadi seorang penulis. Saya percaya bahwa dengan dukungan yang tepat, saya dapat mengatasi kesulitan yang saya hadapi dan mencapai tujuan saya. Saya memiliki kecerdasan, kreativitas, dan minat khusus di bidang menulis. Saya juga memiliki cara unik dalam belajar dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Saya berusaha untuk terus belajar dan mengembangkan kemampuan menulis saya, serta memanfaatkan keunikan dan potensi yang saya miliki untuk mencapai impian saya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pendidikan bagi Perempuan dalam Islam

17 Desember 2023   08:15 Diperbarui: 29 Januari 2024   07:50 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan  perempuan dalam Islam merupakan hak asasi manusia yang penting dan harus diakui.
 Al-Qur'an dan Hadits menekankan pentingnya pendidikan bagi perempuan dan menekankan bahwa perempuan memiliki hak yang sama dengan laki-laki dalam menuntut ilmu.

Pendidikan bagi perempuan juga merupakan kunci untuk memperkuat posisi perempuan dalam masyarakat dan mendorong kesetaraan gender.

 Dalam pandangan Islam, pendidikan merupakan kewajiban bagi seluruh umat Islam, baik laki-laki maupun perempuan.

 Rasulullah SAW bersabda: “menuntut ilmu adalah kewajiban  setiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan” .

 Oleh karena itu, tidak ada alasan bagi perempuan untuk tidak menuntut ilmu.

 Pendidikan bagi perempuan juga berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

 Perempuan berpendidikan lebih sadar akan kesehatan, gizi, dan kesejahteraan keluarga serta dapat berkontribusi lebih banyak terhadap pembangunan komunitasnya .

 Namun, masih banyak perempuan yang tidak menikmati akses yang setara terhadap pendidikan.

 Pemerintah dan masyarakat harus bekerja sama untuk memastikan  perempuan memiliki akses yang setara terhadap pendidikan dan kesempatan untuk mewujudkan potensi mereka.

 Hal ini dapat dicapai dengan meningkatkan ketersediaan dan sumber daya pendidikan, meningkatkan kualitas pendidikan, dan mendorong pengakuan atas peran perempuan dalam pengembangan keterampilan dan dukungan pendidikan .

 Dalam Islam, pendidikan  perempuan merupakan hak asasi manusia yang penting dan harus diakui.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun