Penulis :Prof. Drs. Suranto, M.Sc., Ph.D.
Sony Yunior Erlangga, M.Pd
Dwi Retno Sari, M.Pd
Ner Hasanah, M.Pd
S3 Pendidikan IPA, Universitas Sebelas Maret
Menyelami Kurikulum Pendidikan di Australia: Perbandingan Antara Queensland dan Tasmania
Pendidikan merupakan fondasi penting dalam pembentukan karakter dan kecerdasan generasi muda. Di Australia, sistem pendidikan tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk belajar, tetapi juga sebagai sarana untuk membentuk kepribadian dan nilai-nilai sosial siswa. Setiap negara bagian di Australia memiliki kebijakan pendidikan yang berbeda, menciptakan keragaman dalam kurikulum yang diterapkan.Â
Dalam konteks ini, Queensland dan Tasmania, dua negara bagian yang terletak di wilayah timur dan selatan Australia, menawarkan pendekatan yang unik dan berbeda dalam kurikulum pendidikan. Artikel ini akan membahas perbandingan kurikulum di Queensland dan Tasmania secara mendalam, mencakup aspek filosofi pendidikan, struktur kurikulum, implementasi, dampaknya terhadap siswa, serta tantangan dan peluang yang dihadapi masing-masing sistem pendidikan.
1. Filosofi Pendidikan
Filosofi pendidikan di Queensland dan Tasmania mencerminkan nilai-nilai dan budaya masing-masing negara bagian. Queensland, yang dikenal dengan populasi yang lebih besar dan lebih beragam, menerapkan kurikulum yang mengedepankan inovasi, kreativitas, dan pengembangan keterampilan abad ke-21. Dalam kurikulum Queensland, ada penekanan yang kuat pada pengembangan kemampuan berpikir kritis, kolaborasi, dan keterampilan komunikasi. Pendekatan ini terlihat dalam penggunaan teknologi dan metode pembelajaran yang interaktif, yang mempersiapkan siswa untuk tantangan masa depan di dunia global yang terus berubah.
Sebaliknya, Tasmania lebih menekankan pada pendidikan berbasis komunitas dan kearifan lokal. Filosofi pendidikan di Tasmania berfokus pada pengembangan hubungan yang kuat antara sekolah dan komunitas, dengan tujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan inklusif. Pendekatan ini sering kali mencakup integrasi budaya lokal, sejarah, dan nilai-nilai Tasmania ke dalam kurikulum, memberikan siswa pemahaman yang lebih mendalam tentang identitas dan warisan mereka. Dengan cara ini, siswa tidak hanya belajar tentang dunia di sekitar mereka, tetapi juga tentang peran mereka dalam komunitas yang lebih luas.