Â
  Komunitas Kampoeng Hompimpa Semarang merupakan salah satu komunitas di Semarang yang berkegiatan dalam bidang Sosial, Budaya, dan Pendidikan yang bawakan melalui permainan tradisional. Komunitas yang berdiri sejak 2016 ini terbentuk dari keresahan terhadap perkembangan zaman yang tidak semuanya memberikan dampak positif, salah satunya yaitu semakin berkurangnya interaksi anak-anak terhadap lingkungan. Berkat perkembangan teknologi yang semakin canggih, kini anak-anak terfasilitasi dengan gadget yang serba lengkap sehingga menyebabkan dunia bermain yang menyenangkan tidak lagi dapat dirasakan seperti tahun 70' hingga 2000'an awal. Bagaimana tidak? anak-anak dengan gadget hanya nisa bermain secara individu, sehingga dampaknya menjadikan tidak peduli terhadap lingkungan, dan semakin lama akan mengalami kecanduan yang pada akhirnya berpengaruh pada perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor anak yang tidak dapat dicapai secara optimal.
  Hompimpa terbentuk sebagai wadah dengan 1 dari tujuannya agar anak-anak sekarang dapat mengenal permainan-permainan rakyat dan tradisional melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan. Setelah beberapa minggu kekosongan jadwal, dalam kesempatan di area Car Free Day Simpang Lima Semarang, komunitas yang mengkonsep kegiatannya dalam Bermain-Belajar-Lestarikan ini membuka lapak permainan tradisional. Kegiatan tersebut sebagai bentuk pengenalan, memfasilitasi, dan sekaligus mengajak belajar bersama melalui permainan tradisional yang disediakan. Kegiatan berlangsung mulai pukul 7 pagi, semua permainan ditata agar masyarakat tertarik dan mengunjungi mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua yang sedang bersama keluarga. Terdapat beberapa hal yang didapatkan ketika berkunjung di lapak permainan tradisional Komunitas Kampoeng Hompimpa, diantaranya:
- Fasilitas alat bermain
  Berbagai permainan rakyat dan tradisional disediakan untuk memfasilitasi pengujung CFD bermain bersama. Selain itu permainan yang disediakan sebagai bentuk pengenalan kepada anak-anak sekarang agar tahu terlebih dahulu tentang permainan tradisional. Alat-alat utama yang biasanya dibawa yaitu egrang bambu, engklek, dakon, gangsing, dan masih banyak lagi permainan yang lain. Setiap pengunjung khususnya anak-anak akan dipandu untuk mencoba semua permainan yang disediakan.
- Momen kebersamaan keluarga
  Melalui fasilitas permainan yang disediakan, anak-anak yang sedang diajak orang tuanya ke area CFD bisa berkesempatan main sebagai momen kebersamaan keluarga. Ditengah kesibukan orang tua dalam bekerja terkadang waktu untuk membersamai anak tidak terpenuhi, ditambah lagi kegiatan-kegiatan ketika di rumah yang terbatas menjadikan jalinan komunikasi antara anak dengan orang tua sangat kurang. Melaui lapak Hompimpa akan memberikan tempat, waktu, dan momen berkesan yang dapat diberikan orang tua kepada anaknya.
- Belajar lintas generasi
  Selama berjalannya kegiatan, terdapat berbagai pengunjung yang hadir di lapak permainan tradisonal. Tidak jarang yang dari luar kota juga tertarik untuk melihat dan bermain dengan pengunjung yang lain. Mulai dari anak-anak hingga orang tua berkumpul dalam satu tempat untuk bermain, selama bermain sesama pengunjung akan saling berkomunikasi dan bercerita tentang permainan yang terkadang berbeda nama maupun aturan permainannya. Begitu juga pengunjung anak-anak yang sedang belajar bermain akan meminta orang tuanya maupun pengunjung lain untuk mengajari cara bermain.
- Tempat bernostalgia
  Melalui permainan-permainan yang tersedia menjadikan khususnya orang tua teringat masa lalu ketika masih berusia anak-anak dan sedang memainkan permainan tradisional. Banyak hal yang tentunya terbayangkan betapa asiknya ketika memainkan permainan secara sederhana yang jauh dari teknologi, tetapi selama bermain dilakukan dengan penuh kesungguhan baik ketika bersama teman-teman sepulang sekolah, diwaktu luang atau hari libur, dan bahkan hingga menjadikan lupa terhadap waktu.
- Kebahagiaan
  Siapa coba kalau dengan bermain tidak menjadi bahagia?. Pasti melalui kegiatan bermain akan merasa senang selama memainkan permainan ditambah lagi bermainnya dilakukan bersama-sama. Hal ini menjadi ciri khas dari permainan tradisional dan pembeda dari permainan modern yang membutuhkan kemenangan untuk merasakan kepuasannya. Sementara permainan tradisional memiliki keunggulan bahwa untuk merasa bahagia bisa didapatkan selama proses bermain berlangsung. Salah satu pengunjung menyampaikan, "kegiatan komunitas ini sukses, sukses membuat orang lain bahagia". Jadi tidak ada yang perlu dikawatirkan dalam bermain selain merasa bahagia. Baik proses bermain bersama yang dilakukan antar pengunjung, kebahagiaan bermain dengan teman, saudara yang biasanya berantem tiba-tiba akrab dalam permainan, hingga orang tua yang bahagia melihat anaknya belajar bermain begitupun sebaliknya.Â