Mohon tunggu...
Sony Sugiharto
Sony Sugiharto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Teman Bermain

Menceritakan aktivitas bermain

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pojok Main dalam Tiga Pilar Pendidikan

8 November 2022   16:08 Diperbarui: 8 November 2022   16:14 381
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Alat-alat permainan tradisional (Dokpri)

BAB I

PENDAHULUAN

Permainan tradisional merupakan suatu hasil budaya dari kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat sehingga menjadi ciri dari daerah setempat. 

Setiap daerah pasti memiliki jenis permainan masing-masing, disetiap permainan terdapat makna sebagai pesan dari orang terdahulu yang dapat berlaku bagi manusia yang hidup sebagai mahkluk sosial sampai kapanpun. 

Pesan yang terkandung didalam permainan tradisional secara garis besar dapat mendidik karakter melalui kebiasaan yang dilakukan dalam beraktivitas, sepertihalnya kejujuran, jiwa gotong royong, hingga mengajarkan untuk selalu hidup rukun terhadap sesama. 

Dengan adanya pesan tersebut kaitannya dengan bermain tentu tidak lepas dari dunia anak-anak yang mana hal ini akan menjadi kesempatan baik bahwa dengan melalui permainan tradisional pendidikan karakter dapat diberikan sejak dini sebagai pondasi dasar sebelum menuju ke masa

selanjutnya. Akan tetapi dengan perkembangan zaman yang semakin pesat sekarang ini menjadikan masyarakat terperdaya dengan teknologi salah satunya gadget. 

Mulai orang tua yang lalai terhadap perannya dalam memberikan pendidikan kepada anaknya, maupun anakanak yang sudah dibiasakan bermain gadget dengan tanpa pengawasan yang dapat memberikan dampak negatif. 

Hal ini disatu sisi unsur kebudayaan seperti terbentang jarak yang lebar, dan pada akhirnya menjadikan terkikisnya budaya, salah satu budaya yang terkena dampak yaitu permainan tradisional. Permainan tradisional memiliki kaitan erat terhadap anak-anak sebagai aktivitas yang biasa dilakukan sehari-hari baik dilingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat maupun tempat atau taman bermain.

Tantangan besar dizaman yang modern ini, segala bentuk aktivitas gerak fisik menjadi teralihkan dengan adanya gadget yang berisi game-game online dan ditambah lagi adanya perkembangan aplikasi digital yang dianggap lebih simple dan dapat menarik bagi anak-anak. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun