Mohon tunggu...
Soni Herdiansyah
Soni Herdiansyah Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa_Pendidikan IPS_Universitas Pendidikan Indonesia

Halo, Kompasianer! Nama saya Soni Herdiansyah, saya berasal dari Purwakarta Jawa Barat :) Saya seorang mahasiswa aktif jurusan Pendidikan IPS S1 Universitas Pendidikan Indonesia. Saya aktif diberbagai organisasi kampus dan masyarakat, suka terhadap dunia pendidikan, sosial, dan literasi. Misalnya, saya telah mendirikan Warga Kota (Keluarga Kompasianer Purwakarta) bersama kawan-kawan Kompasianer lainnya. Menginspirasi bagi saya adalah hakikat sejati untuk membangun negeri, salah satunya melalui tulisan dan aktivitas sosial. Bagi saya Kompasiana adalah platform yang menjadi wadah bagi pemuda untuk menginspirasi Indonesia yang telah saya buktikan dengan aktif menulis sejak tahun 2019 lalu. Terima kasih Kompasiana, semoga terus maju.

Selanjutnya

Tutup

Ramadan

Target Ramadanku Khatam Qur'an

12 Maret 2024   23:46 Diperbarui: 12 Maret 2024   23:49 192
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Membaca Al-Qur'an. Gambar : Kompas.com

Di bulan Ramadan ini, siapa yang mau menghatamkan Al-Qur'an?

Ya, termasuk saya sendiri, ingin sekali.bisa mengkhatamkan Al-Qur'an di bulan Ramadan tahun ini. 

Mengirimkan Al-Qur'an menjadi target yang harus saya capai, disamping saat ini, dihadapi oleh sibuknya pekerjaan dan aktivitas sehari-hari yang menyita waktu.

Membaca Al-Qur'an sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW karena akan mendapatkan pahala dan syafaat (keselamatan) sesuai sabdanya, 

"Bacalah olehmu sekalian Al-Qur'an karena sesungguhnya Al-Qur'an itu akan menjadi syafaat/penolong bagi para pembacanya di hari kiamat." (HR Muslim)

Selain itu, membaca Al-Qur'an di bulan Ramadan akan mendapat pahala yang berlipat ganda, sebagai mana Nabi Muhammad SAW bersabda, 

"Siapa saja yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Alquran) maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lm mm satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lm satu huruf, dan mm satu huruf." (HR At-Tirmidzi)

Motivasi untuk mengkhatamkan Al-Qur'an memang harus ada karena kita dihadapi oleh sibuknya aktivitas sehari-hari.

Adapun cara yang saya lakukan agar dapat mengkhatamkan Al-Qur'an adalah dengan target 1 hari 1 Juz Al-Qur'an dan dibacanya ketika selesai melaksanakan salat wajib (fardhu) yang 5 waktu, kurang lebih 5-10 menit saja. Maka tidak terasa selama 30 hari Ramadan kita akan khatam Al-Qur'an.

Itulah tipsnya, sesibuk apapun kita, luangkanlah waktu untuk membaca Al-Qur'an dan semangat untuk me

ngkhatamkannya ya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun