Latar Belakang
Kegiatan pembelajaran diawali dengan merencanakan kegiatan pembelajaran, rencana yang baik merupakan setengah dari keberhasilan. Rencana pembelajaran diartikan sebagai panduan guru dalam melakukan pembelajaran di kelas. Pembuatan rencana yang baik diartikan sebagai perencanaan kebaikan. Dalam upaya menuju pada merdeka belajar sudah seharusnya seorang guru melakukan pembelajaran yang mendukung suasana merdeka belajar.
Merdeka belajar merupakan suatu keadaan dimana dalam proses kegiatan pembelajaran dilakukan dengan berpusat kepada murid. Mengintegrasikan merdeka belajar dalam proses pembelajaran dimulai dengan merencanakan pembelajaran yang menggambarkan pembelajaran yang berpusat kepada murid. Sebagai guru penggerak menjadi perlu untuk mendorong semua guru di sekolah untuk mulai membuat rencana pembelajaran yang berpusat pada murid.
Workshop merupakan suatu kegiatan bersama seluruh guru di sekolah untuk mendapatkan pengalaman, pemahaman, pengertian, tujuan yang sama pada waktu tertentu.
Kegiatan workshop dapat dilakukan dengan metode in on dengan sekian waktu tatap muka kemudian sekian waktu tugas dirumah. Dengan merencanakan kegiatan pembelajaran yang berpusat pada murid maka sekolah sedang memulai untuk mencapai merdeka belajar.
Deskripsi Aksi Nyata
Pada kegiatan aksi nyata dilakukan workshop dengan guru di sekolah untuk memahami arah, teknik, dan metode dalam melaksanakan merdeka belajar. Aksi nyata memerlukan waktu 3 minggu dimana pada minggu pertama dilakukan diskusi dengan kepala sekolah dan wakilnya. Dalam diskusi ini kami menginformasikan tentang rencana kegiatan pembuatan rencana belajar yang berpusat pada murid.Â
Dari pertemuan minggu pertama didapatkan persetujuan pimpinan akan diadakannya kegiatan aksi ini. Pada minggu ke 2 guru mendapatkan paparan tentang merdeka belajar dan pembelajaran yang berpusat kepada murid dan menuangkan kedalam rencana pembelajaran. Setelah pertemuan tersebut guru mengerjakan pembuatan rencana pembelajaran yang berpusat pada murid dirumah masing-masing. Pada minggu ke 3 hasil dari pengerjaan guru untuk dapat dipresentasikan oleh beberapa guru.Â
Hasil Aksi Nyata
Hasil dari tindakan aksi nyata yang telah dilakukan adalah
- Meningkatnya kreativitas guru dalam merencanakan pembelajaran
- Pembelajaran yang dilakukan berpusat pada murid
Pembelajaran yang didapatkan dari aksi nyata