Mohon tunggu...
Rani Sofya
Rani Sofya Mohon Tunggu... Dosen - Seorang Ibu, pengajar, pembelajar, hobi masak

Saya seorang yang tertarik tentang pendidikan, keilmuan, teknologi dan ilmu yang bermanfaat lainnya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Smart Strategi E-Digital di Era New Normal Pada UKM Sulaman Pariaman

22 September 2022   14:00 Diperbarui: 22 September 2022   14:02 191
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dosen Universitas Putra Indonesia YPTK Padang, melaksanakan pengabdian pada masyarakat pada UKM Sulaman pariaman, pelaksanaan kegiatan ini di ketuai oleh Deni Suwandhani ST., MM sebagai salah satu dosen yang lulus mendapatkan dana Hibah Pengabdian Kepada Masyarat (PKM) dengan Skema Program Kemitraan Masyarakat Stimulus Tahun 2022 dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Pelaksanaan kegiatan ini juga berkerjasama dengan dosen STIE Perdagangan Thesa Alif Ravelby, SE, MM. Suhery, SE. Akt. Dan Muthia Roza Linda, SE.,MM (Universitas Negri Padang). kegiatan ini di mediasi oleh Bapak Alyendra, SH, selaku kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Pariaman. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bapak Kepala Dinas Koperindagkop dan UMKM Kota Pariaman.

Menurunnya hampir 50% pendapat penjualan sulaman dampak dari Covid-19 menjadi dasar pemikiran untuk pelaksanaan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Tim. Dua hal yang dilakukan oleh Tim ini untuk mencapai tujuan dari pengabdian yang dilakukan, yaitu memberikan edukasi kepada pelaku usaha mengenai apa itu digital marketing dan bagaimana keterkaitannya dengan media social, serta manfaatnya bagi pelaku usaha yang tujuan utamanya agar dalam kegiatan usaha, para pelaku usaha dapat menggunakan teknologi dan media social dalam melakukan marketing dan penjualan produknya. 

Melalui pemanfaatan digital marketing diharapkan pelaku usaha mau untuk memasarkan usahanya menggunakan teknologi, seperti dimedia social atau platform market place yang tersedia. Kemudian pelaku usaha dibekali pengetahuan mengenai bagaimana untuk melakukan digital marketing melalui media social atau market place yang tersedia tersebut.

Dengan adanya peningkatan pengetahuan UMKM dalam hal digital marketing diharapkan pelaku usaha dapat memasarkan dan menjual produk mereka secara luas melalui digital marketing, maka akan dapat meningkatkan penjualan sehingga otomatis produksi meningkat dan membawa kesejahteraan masyarakat pelaku usaha kerajinan. Oleh karena itu, diharapkan melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini akan mampu meningkatkan pengetahuan mengenai digital marketing para UMKM dan mampu melakukan praktek digital marketing pada saat dilakukannya penjualan secara online.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun