Mohon tunggu...
sofya koni herawati
sofya koni herawati Mohon Tunggu... Guru - GURU

Saya seorang guru kelas yang disalah satu Sd Negeri di Provinsi Lampung,keseharian saya selain sebagai ibu rumah tangga saya adalah seorang pendidk.saya mengajar di SD Negeri 02 Umpu Bhakti di Way Kanan Lampung sejak tahun 2009 samapi sekarang,saya sangat menikmati dan mencintai profesi saya sebagai gurukarena saya merasa senangdan bahagia ketika saya berada didekat anak-anak didik saya disekolah maupun dilingkungan masyarakat.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas 5

12 November 2023   12:26 Diperbarui: 12 November 2023   12:31 88
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan relevan bagi siswa. Berikut beberapa strategi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 melalui model PBL:

Pemilihan Masalah yang Menarik dan Relevan:

Pilih masalah atau proyek yang menarik dan relevan bagi siswa kelas 5.
Pastikan masalah tersebut terkait dengan kurikulum dan memungkinkan siswa mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari.
Tim Pembelajaran Kooperatif:

Bentuk kelompok kecil siswa untuk bekerja sama menyelesaikan masalah.
Pastikan setiap anggota tim berpartisipasi aktif dan berkontribusi.
Fasilitasi Guru:

Peran guru adalah sebagai fasilitator, bukan hanya sebagai pemberi informasi.
Berikan arahan awal, bimbingan, dan dukungan saat dibutuhkan, namun beri ruang bagi siswa untuk memimpin proses pembelajaran.
Kaitkan dengan Konteks Nyata:

Hubungkan masalah pembelajaran dengan situasi nyata yang bisa dimengerti siswa.
Tunjukkan bagaimana pengetahuan yang dipelajari dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Pendekatan Interdisipliner:

Libatkan mata pelajaran berbeda dalam pemecahan masalah.
Ajarkan siswa untuk melihat hubungan antar konsep dari berbagai disiplin ilmu.
Refleksi dan Diskusi:

Sediakan waktu untuk refleksi bersama dan diskusi dalam kelas tentang pengalaman belajar.
Dorong siswa untuk menyampaikan pendapat mereka dan berbagi pemahaman.
Evaluasi Formatif:

Lakukan evaluasi secara berkelanjutan selama proses pembelajaran.
Berikan umpan balik konstruktif dan bantu siswa memperbaiki pemahaman mereka.
Sumber Daya yang Dapat Diakses:

Pastikan siswa memiliki akses ke sumber daya yang diperlukan, baik itu buku, internet, atau sumber daya lain yang mendukung pembelajaran.
Proyek Showcase:

Setelah menyelesaikan proyek, adakan acara showcase di mana setiap kelompok dapat mempresentasikan hasil kerja mereka.
Ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk berbagi pengetahuan mereka dengan kelas.
Evaluasi Holistik:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun