Frisa sofresh

simple,suka traveling, suka dengan hal2 baru

One Day Trip in Solo

28 Juni 2010   02:46 Diperbarui: 26 Juni 2015   15:14 3501

[caption id="attachment_179231" align="aligncenter" width="300" caption="Keraton Surakarta"][/caption] Solo,..mendengar kata itu sudah terbayang dibenak saya kuliner yang siap menggoyang lidah saya nantinya,..emmm..sluurrp [caption id="attachment_186538" align="aligncenter" width="300" caption="pahala kencana jkt-blitar via Solo"][/caption] Pada Jumat 25 Juni tepatnya jam 15.00 WIB saya sudah nongkrong di agen bus malam di terminal Rawamangun menunggu bus yang nanti akan saya tumpangi. Pahala Kencana Jakarta-Blitar via Solo. Karena musim liburan sekolah, beberpa tiket transportasi baik darat maupun udara sudah sold out. Dan akhirnya saya memutuskan untuk mencoba bus malam. Sepanjang perjalanan yang ada hanyalah kemacetan yang amat sangat melelahkan, hampir 4 jam bus yang saya tumpangi mengalami kemacetan total di cikarang. Alhasil jam 23.00 kami baru bisa makan malam. Sekitar jam 23.30 kami melanjutkan perjalanan kami yang masih panjang,..sepanjang perjalanan saya lebih mengoptimalkan untuk istirahat. Sabtu 26 Juni pukul 06.30, kami baru memasuki kawasan kota Semarang, kemudian dilanjutkan ke kota Boyolali, dan akhirnya,.... [caption id="attachment_186540" align="aligncenter" width="300" caption="Terminal Tirtonadi Solo"][/caption] setelah penantian selama hampir 17 jam tepat pada pukul 09.00 saya sampai juga di terminal bus Tirtonadi Solo. Sampai di kota Solo, saya langsung mencari penginapan untuk 1 malam. Tidak jauh dari terminal bus Tirtonadi, terdapat Stasiun kereta api Solo Balapan. [caption id="attachment_186553" align="aligncenter" width="300" caption="Stasiun KA. Balapan Solo"][/caption] Setelah mendapatkan penginapan di sekitar daerah pusat kota solo, saya check in dan beristirahat sejenak kemudian bersiap untuk ke acara resepsi nikahan teman kantor di daerah Plered Utama. Perjalanan menggunakan taksi yang ternyata murmer alias murah meriah euy,.saya cuman merogoh kocek 15.000 untuk sebuah perjalanan dari pusat kota-plered utama. sekitar pukul 14.00 setelah acara resepsi, saya langsung melakukan trip diawali dengan: 1. first destination pukul 14.00-15.30 ke Kraton Solo kemudian menyusuri wisata belanja yang tidak jauh dari Keraton yaitu Pusat Grosir Solo (menjual berbagai macam batik dengan harga yang lumayan), kemudian berlanjut ke Beteng yang terkenal dengan pusat penjualan kain batik. [caption id="attachment_186546" align="aligncenter" width="300" caption="Pusat Grosir Solo dan Beteng Trade Center"][/caption] 2. second destination pukul 15.30 saya bergegas menuju pasar klewer menggunakan becak. [caption id="attachment_186552" align="aligncenter" width="300" caption="Pasar Klewer Solo"][/caption] Kuliner yang sudah siap menjadi menu saya adalah seporsi sate kere khas Solo. Bisa ditemui disekitar Pasar Klewer. [caption id="attachment_186548" align="aligncenter" width="300" caption="Sate Kere Solo"][/caption] dan ternyata pecel Ndeso yang saya cari2 masih ada di pojok belakang pasar Klewer, dengan penuh semangat saya menyantap lahap sepiring pecel Ndeso. [caption id="attachment_186549" align="aligncenter" width="300" caption="Pecel Ndeso Solo"][/caption] Kemudian tak lupa saya menyempatkan ke Kampung Batik Kauman yang menyimpan nilai sejarah tinggi. Kampung Kauman sangat kental dengan kehidupan perekonomian dengan kerajinan Batik. [caption id="attachment_186550" align="aligncenter" width="178" caption="Kampung Batik Kauman Solo"][/caption] 3. third destination pukul 16.30 abang becak mengantarkan saya ke sebuah toko oleh2 Solo di daerah wisata pusat oleh khas Solo. [caption id="attachment_186551" align="aligncenter" width="300" caption="Pusat Oleh-oleh Khas Solo"][/caption] Lagi2, keramahan yang tidak saya temui di Jakarta, para pelayannya begitu ramah menyapa dan membantu saya mencari pilihan oleh2 khas. Pas mau bayar dikasir, saya masih diberi bonus sebungkus ampyang rasa coklat.wah,..semakin kangen Solo nantinya 4. fourth destination pukul 16.45 abang becak mengantarkan saya ke daerah pasar Legi yang menurut abang becak merupakan pasar 24 jam. [caption id="attachment_186554" align="aligncenter" width="300" caption="Pasar Legi Solo"][/caption] Tak jauh dari pasar Legi si abang becak menghentikan kemudi tepat disebuah toko jamu godhog (jamu rebus), dan menyarankan saya untuk minum jamu godhog setelah mendengar cerita saya dengan perjalanan yang panjang. Keramahan yang luar biasa, saya dibuatkan segelas jamu penghilang capek. Rasanya luar biasa mantap (pahit). Tak jauh dari tempat jamu, ada warung nasi liwet yang menarik saya untuk mampir. Seporsi nasi liwet sudah tak kuasa saya biarkan berlama2 dimeja, ditemani dengan abang becak saya menikmati kuliner Solo yang mantabs. [caption id="attachment_186555" align="aligncenter" width="279" caption="Nasi Liwet Solo"][/caption] 5. fifthly destination pukul 17.30 saya meminta abang becak untuk mengantarkan saya kembali ke Hotel tempat saya menginap. dengan Rp 20.000 saya sudah bisa menikmati wisata dengan ber becak ria ditemani abang becak yang super duper ramah menjadi guide dadakan saya selama perjalanan dari siang sampai sore. 6. sixth destination pukul 19.00 dikarenakan perut saya yang sudah keroncongan, saya langsung keluar Hotel dan berbecak ria lagi menuju daerah Ngarsopuro yang terkenal dengan wisata seni budaya dan kuliner di malam hari. Ini adalah salah satu event rutin yang digelar setiap hari Sabtu-Minggu malam. [caption id="attachment_186556" align="aligncenter" width="300" caption="Gb. Ilustrasi Ngarsopuro di Malam Hari"][/caption] Disepanjang jalan Ngarsopuro ini kita dapat menjumpai berbagai macam hasil kesenian dan hand craft serta ada pagelaran musik juga. disekitar jalan juga berderet kuliner khas Solo. Saya mampir ke sebuah kedai lesehan dengan label 'Timlo solo' emm,..suasana Solo yang dingin di malam hari ditemani seporsi Timlo membuat saya makin cinta dengan solo. Karen besok pagi saya harus bertolak ke Jakarta saya pun memutuskan untuk kembali ke Hotel dan packing. 7. Minggu pagi pukul 05.00 saya mempersiapkan diri untuk check out Hotel. 8. Tepat pukul 05.45 saya check dari Hotel dan menuju Adi Soemarmo Airport. [caption id="attachment_186557" align="aligncenter" width="300" caption="Bandar Udara International Adi Soemarmo Solo"][/caption] 9. Pukul 06.35 saya sampai di Adi Soemarmo Airport dan langsung chekc in 10. Sekitar pukul 06.45 saya boarding pass dan langsung menuju pesawat. 11. dengan menggunakan maskapai penerbangan domestik Sriwijaya Air Solo-Jakarta pukul 07.00 pesawat take off bertolak ke Jakarta. Hmmm,..berat rasanya hati saya meninggalkan kota Solo tercinta, yang pasti,..Solo sudah mencuri hati saya dengan keramahan kota, masyarakat serta seni budaya dan berbagai macam kulinernya,...oh iya, yang tidak pernah terlupakan adalah sistem 'One Way dan Car free day' yang sudah berlaku di Solo. Ayoooo visit to Solo Salam Backpackermania