Menganalisis pengembangan dan penerapan teori
A. Keterkaitan hubungan antara ilmu dengan filsafat
Ilmu merupakan suatu kumpulan pengetahuan dimana ilmu adalah hal yang harus dimiliki oleh manusia untuk memperoleh pengetahuan yang sebenarnya.
Ilmu memiliki dua syarat yang harus dimiliki yaitu objek material dan objek formal. Objek formal adalah suatu ilmu yang tidak hanya memberi keutuhan terhadap suatu ilmu tetapi juga dapat membedakan antara bidang-bidang yang lain.
Objek material adalah suatu hal yang di jadikan sebagai sasaran pemikiran, objek material ini juga di tinjau dari beberapa sudut pandang yang berbeda sehingga akan menghasilkan ilmu yang berbeda-beda.
B. Hubungan antara filsafat ilmu dengan agama
Hubungan filsafat ilmu dengan agama. Filsafat ilmu dan agama jelas saja merupakan dua hal yang sangat berbeda, namun ada sebagian orang yang mengatakan bahwa agama merupakan bagian dari filsafat.
Hubungan filsafat ilmu dengan agama adalah filsafat dapat menyampaikan ajaran agama kepada manusia, membantu agama dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada. Disini bukan berarti agama adalah hal menetang tetapi disini filsafat memiliki arti berpikir  sedangkan agama memiliki arti mengabdikan diri. Orang yang belajar fisafat tidak hanya mengatahui bahwa dirinya berfilsafat tetapi juga berpikir, sedangkan orang yang belajar agama juga tidak hanya belajara tentang pengetahuan agama saja tetapi juga membiasakan diri dengan berprilaku sesuai dengan yang diajarkan agama.
C. Implikasi dan implementasi dalam pengembangan keilmuan dan pendidikan
Filsafat ilmu merupakan bagian dari pengetahuan yang memiliki karakteristik tertentu, filsafat ilmu tidak membedakan anatara ilmu-ilmu alam dan ilmu sosial, tetapi karena adanya kesalahan teknis yang menyebakan terbaginya ilmu-ilmu filsafat itu.
Ada beberapa pendekatan yang digunakan dalam filsafat ilmu untuk menjawab pertanyaan yang ada, diantaranya adalah: pendekatan ontologi dimana pendekatan ini merupakan hubungan antara subjek dengan subjek. Pendekatan epistemologis dimana pendekatan ini mempersoalkan bagaimana proses terjadinya ilmu pengetahuan termasuk didalamnya sarana ilmiah dll. Pendekatan aksiologis dimana pendekatan ini menyangkut tentang pertanyaan untuk apa pengetahuan itu?, bagaimana hubungan antara ilmu dan nilai?
Ketiga pendekatan ini memiliki keterkaitan antara satu sama lain, sehingga akan mengahasilkan jawaban yang memuaskan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H