Kab. Malang -- KKN UM Desa Sumberagung, Kemasan termasuk bagian terpenting dari suatu produk dalam upaya branding. Â Kemasan merupakan wadah yang dapat meningkatkan nilai dan fungsi sebuah produk. Kemasan yang dipilih harus disesuaikan dengan isi produk serta memperhatikan nilai estetika.
Sebagai tindak lanjut program kerja Mahasiwa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan Program terkait branding kemasan Kopi Murih Lestari di Desa Sumberagung. Tujuan dari program ini yaitu agar kelompok petani kopi khususnya di Desa Sumberagung dapat memperhatikan pengemasan yang baik dan layak untuk suatu produk. Selain itu, kemasan produk yang menarik juga dapat meningkatkan daya minat konsumen untuk membeli sebuah produk. Branding kemasan juga dapat dijadikan sebagai pilar untuk memperluas pemasaran produk dan meningkatkan usaha khususnya di Kelompok Kopi Murih Lestari.
Adapun bahan kemasan yang dipilih dalam upaya branding kemasan Kopi Murih Lestari yaitu terbuat berupa Standing Pouch Kraft Paper yang ramah lingkungan.Â
Selain itu kemasan tersebut terdapat Ziplock yang memudahkan untuk mengambil kopi. Kelebihan dari kemasan tersebut selain ramah lingkungan karena terbuat dari kertas, kemasan tersebut anti bocor, anti sobek, dam seal kuat. Kemudian kemasan tersebut ditempel stiker produk Kopi Murih Lestari untuk. Kemasan tersebut membuat tampilan produk terkesan lebih bersih, higienis, dan menarik.Â
Pada tanggal 22 Juli 2022, mahasiswa KKN Desa Sumberagung menyerahkan kemasan sebanyak 70 kemasan kepada Bapak Santoso selaku Ketua Kelompok Kopi Murih Lestari. Beliau menyampaikan rasa terimakasihnya dan memberikan tanggapan positif dan puas akan kemasan yang kami berikan kepada beliau.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H