Pengalaman punya aplikasi perbankan, "husband-ku" terpaksa gelang geleng kepala. Itu terjadi ketika perlu uang dan kartu ATM dia dan saya memang tak perlu ATM.
Dia punya kartu digital yang bisa diambil tanpa biaya gratis di setiap Bank.  Tapi perlu juga uang yang cukup banyak dan saldo BRI ku kebetulan tidak cukup. Saya selalu mendepositkan uang saya di deposito Brimo meski cuma  sebulan.
"Ambil uang tanpa kartu, " ujarku. Tapi sebelumnya transfer dulu uang di aplikasi Brimoku karena tidak cukup," ujarku.
"Apa bisa? Wah, kamu canggih juga," katanya sambil tersenyum.
"Banknya mungkin yang canggih," jawabku menampik sambil juga
mengulas senyum.
Dia segera mentransfer uang ke aplikasiku setelah menanyakan nomor rekening bank tempat aku menabung di BRI.
Bank BRI punya BRImo. Aku kepincut dengan bank ini setelah tahu dari temanku yang juga wiraswata.
Sekarang saya dan husband bisa menarik uang
tunai dari ATM BRI dan tanpa perlu pakai kartu ATM .
Cukup aku membuka aplikasi kemudian memiilih sumber rekeningnya  dan memasukkan jumlah nominalnya.
Setelah itu password BRImo dan akan mendapatkan kode tarik tunai.
Selanjutnya menuju ATM BRI dan memasukkan kode tarik tunai untuk menarik uang. Selesailah sudah masalah pada hari itu.
Itu adalah sepenggal pengalamanku menggunakan BRImo dan ambil Uang tanpa kartu.
Tabungan BRImo membuatku nyaman karena semua  riwayat transaksi dalam setahun terakhir  dapat segera diketahui melalui aplikasi  ini.
Pengalamanku juga terjadi ketika menuju ke kampung dengan mobil untuk berlebaran. Semenjak Toll sumatra yang sudah jadi  ke Pekanbaru sudah lebih gampang. Perjalanan lebih gampang. Ada banyak agen BRI link dijalan.
Sampai  dikota Kabupaten tempat yang agak sulit ATM aku juga terbantu dengan saudaraku yang punya usaha BRILink.
Ia dapat melayani kebutuhan keuanganku menggunakan fitur EDC.
Memang ada sedikit biaya,  tapi tidak masalah. Wah, dia yang sebelumnya  melek teknologi tapi kini pintar juga.
"Enak iya Uni," kataku. Dia tersenyum saja. Suaminya yang mengajar dia bekerja seperti itu," jawabnya.
Kehadiran kakak itu sangat membantuku  selama di kampung
Seperti layanan  di kantor bank saja.  Agen BRILink  memudahkan Transfer  antarbank bagi pelanggannya.
Juga setor dan tarik tunai dan bayar tagihan listrik, Â iuran BPJS Kesehatan, Â angsuran kredit, Â belanja online, beli pulsa, dan lainnya lagi.
Ia tersenyum padaku setelah menjelaskan panjang lebar.
"Syaratnya apa saja Uni?" Tanyaku.
"Mudah, cuma punya tempat usaha dan  berkegiatan dua tahun atau lebih," jelasnya.
"Setelah itu  KTP dan NPWP,  keterangan dari Lurah bahwa Kita punya kegiatan," lanjutnya lagi.
Kebetulan suaminya pegawai negeri di kecamatan dan tidak susah melampirkan fotocopy SK pengangkatan pegawai tetapnya.
Canggih juga, layanan perbankan tanpa Kantor atau Laku Pandai yang  saya tahu diawasi OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Nasabah yang menabung melalui Lakupandai  dijamin oleh OJK.
Tentunya ada perjanjian Kerjasama, dimana petugas agen BRILink akan memproses administrasi dan membantu calon agen melakukan instalasi aplikasi BRILink Mobile atau mengirimkan EDC.
Menjadi Agen BRILink sangat membantu masyarakat akses ke perbankan tanpa perlu  datang ke bank.
Karena Agen BRILink  bisa melakukan transaksi keuangan non tunai seperti yang disediakan di ATM.
Begitu juga pembayaran BPJS atau cicilan pinjaman.
Pembelian pulsa, top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja dan sebagainya. Tampak bukan dikota saja. Di kota kabupaten juga, sudah dapat dan mudah lagi.
Kita memang sudah harus membiasakan diri dengan pembayaran  non tunai.
Di Aplikasi saya ada QRIS.
Itu  adalah pembayaran dengan  menggunakan teknologi. Banyak juga usaha kecil yang menggunakan.
Qris adalah singkatan dari Quick Response code Undonesian Standard.
Â
QRIS merupakan kombinasi dari berbagai jenis QR Code dari berbagai penyelenggara jasa.
Mempermudah transaksi jual beli digital dengan menggunakan QR Code . Lebih mudah dan praktis serta cepat. Pentingnya aman dan nyaman.
Â
QR Code yang terintegrasi dengan seluruh aplikasi penyedia pembayaran .
Hanya dengan memindai satu QR Code pada merchant yang sudah terintegrasi dengan QRIS.
Â
Kemudahan  bagi pembeli dan juga penjual.  Juga penyedia jasa pembayaran dalam pembayaran non tunai melalui satu pintu pengawasan.
Â
Bagi penjual, manfaatnya Transaksi menjadi lebih mudah . Pelanggan
hanya perlu melakukan scan QR code yang sudah disediakan.
Pembeli akan lebih bebas memilih pembayaran digital yang diinginkan dari dompet digitalnya.
Pembayaran QRIS juga lebih higienis karena tidak perlu bersentuhan tangan ataupun mengambil uang kembalian.
Saya kini memanfaatkan fasilitas QRIS yang dimiliki oleh aplikasi BRImo. Menggunakan HP dan buka aplikasi BRImo dan  ID serta Password dan klik ikon QRIS .
Lalu Scan QR code yang ada pada merchant. Pilih Sumber dana dan klik OK. Â Klik Bayar dan terakhir masukan PIN. Selesailah sudah dan transaksi berhasil.
Iya, ini juga suatu cara  mendukung program pemerintah dalam menumbuhkan jumlah transaksi digital di indonesia.
Nasabah yang sebelumnya bertransaksi melalui unit kerja BRI, cukup beralih ke ATM dan SMS Banking, kini nyaman  bertransaksi melalui internet banking .
Mungkin banyak aplikasi lain di Bank sejenis, tapi  keunggulan BRImo versi terbaru menurut saya cukup keren.
Desain  BRImo cukup menarik  dan bagus tampilannya.
Saat ini calon nasabah BRI dapat membuka rekening melalui aplikasi BRI Mobile BRImo dengan meng-upload data diri serta mengirimkan video sebagai bentuk Know Your Customer (KYC) dalam pembentukan rekening.
Salut BRImo!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H