Abstrak
PenilaianAkhir Semester (PAS) adalah elemen penting dalam sistem pendidikan yangdigunakan untuk menilai pencapaian siswa pada akhir periode pembelajaran.Seiring dengan kemajuan teknologi, sekolah-sekolah mulai mengintegrasikan alatdigital untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penilaian. Artikel inimengeksplorasi penggunaan Google Form dalam penilaian akhir semester di SMPNegeri 21 Mukomuko. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai dampakGoogle Form terhadap efektivitas dan efisiensi penilaian serta memberikanrekomendasi untuk implementasi lebih lanjut. Hasil menunjukkan bahwa GoogleForm meningkatkan efektivitas dan efisiensi penilaian dengan mengotomatisasiproses, mengurangi kesalahan, dan mempercepat distribusi serta pengumpulan hasil.
Kata Kunci: Google Form, Penilaian Akhir Semester, Efektivitas,Efisiensi, Pendidikan
A.Pendahuluan
PenilaianAkhir Semester (PAS) adalah salah satu komponen utama dalam evaluasi pendidikanyang bertujuan untuk mengukur pencapaian siswa setelah periode pembelajaran.Proses tradisional dalam pelaksanaan PAS melibatkan pembuatan dan penilaianujian secara manual, yang sering kali memakan waktu dan rentan terhadapkesalahan manusia. Dengan kemajuan teknologi informasi, berbagai alat digitalkini tersedia untuk menyederhanakan dan meningkatkan proses penilaian. Salahsatu alat yang banyak digunakan adalah Google Form, yang menawarkan fitur-fituryang dapat membantu dalam pembuatan, distribusi, dan pengolahan hasilpenilaian. Artikel ini menganalisis bagaimana penggunaan Google Form dapatmeningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam penilaian akhir semester di SMPNegeri 21 Mukomuko.
B. Metodologi
Penelitianini mengadopsi pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk mengevaluasipenggunaan Google Form dalam penilaian akhir semester. Data dikumpulkan melaluikuesioner dan wawancara dengan siswa dan guru yang terlibat langsung dalamproses penilaian.
1. Desain Penelitian
Desainpenelitian ini menggabungkan analisis data kuantitatif dari kuesioner denganwawancara kualitatif untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang pengalamanpengguna Google Form dalam penilaian akhir semester.
2. Populasi dan Sampel
Populasipenelitian mencakup semua siswa dan guru di SMP Negeri 21 Mukomuko. Sampelpenelitian terdiri dari 72 siswa dan 8 guru yang dipilih secara acak dariberbagai kelas dan mata pelajaran.
3. Instrumen Penelitian
Instrumenutama penelitian adalah kuesioner yang dirancang untuk mengukur kemudahanpenggunaan, kecepatan proses, akurasi hasil, dan kepuasan pengguna terhadapGoogle Form. Selain itu, wawancara semi-terstruktur dilakukan untuk mendapatkanwawasan lebih lanjut mengenai pengalaman dan tantangan yang dihadapi dalammenggunakan alat ini.
4. Prosedur Pengumpulan Data
Datakuantitatif dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada siswa dan guru,sementara data kualitatif diperoleh melalui wawancara langsung dengan sejumlahguru dan siswa yang menggunakan Google Form.
5. Teknik Analisis Data
Datakuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif untuk mengidentifikasipola dan tren. Data kualitatif dari wawancara dianalisis dengan teknik analisistematik untuk mengidentifikasi tema utama dan masalah yang dihadapi.
C. Hasil dan Pembahasan
1. Efektivitas Penggunaan Google Form
Hasilpenelitian menunjukkan bahwa Google Form meningkatkan efektivitas dalam prosespenilaian akhir semester. Sekitar 90% siswa melaporkan kemudahan dalammengakses dan menyelesaikan ujian melalui Google Form. Hal ini menunjukkanbahwa platform ini mempermudah siswa dalam mengerjakan ujian tanpa memerlukandistribusi fisik kertas ujian.
Sebagianbesar guru (85%) juga melaporkan bahwa Google Form mempermudah proses pembuatandan pengelolaan ujian. Fitur otomatisasi dalam Google Form, seperti penilaianotomatis untuk soal pilihan ganda dan isian singkat, mengurangi waktu yangdiperlukan untuk memeriksa jawaban secara manual dan mengurangi kemungkinankesalahan manusia.
2. Efisiensi Proses Penilaian
Dalamhal efisiensi, Google Form terbukti mempercepat proses penilaian. Datamenunjukkan bahwa sekitar 88% guru merasa proses penilaian menjadi lebih cepatdan lebih terorganisir setelah beralih ke Google Form. Siswa juga melaporkanbahwa mereka dapat menyelesaikan ujian dengan lebih efisien karena tidak perlumenghadapi kendala logistik seperti pengumpulan kertas ujian.
Kecepatandistribusi dan pengumpulan hasil penilaian menjadi salah satu keuntungan utama.Hasil penilaian dapat diperoleh dan dianalisis secara real-time, yangmemungkinkan guru untuk segera memberikan umpan balik kepada siswa danmengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan.
3. Tantangan dan Solusi
Meskipunbanyak manfaat yang diperoleh, beberapa tantangan juga diidentifikasi. Beberapasiswa melaporkan kesulitan dalam mengakses Google Form akibat masalah koneksiinternet. Ini menunjukkan perlunya infrastruktur yang memadai untuk mendukungakses yang stabil.
Selainitu, beberapa guru mengalami kesulitan dalam menyesuaikan formulir untuk jenissoal yang lebih kompleks, seperti soal esai. Diperlukan pelatihan tambahanuntuk guru agar mereka dapat memanfaatkan semua fitur Google Form denganoptimal.
D. Kesimpulan
PenggunaanGoogle Form dalam penilaian akhir semester di SMP Negeri 21 Mukomuko terbuktimeningkatkan efektivitas dan efisiensi. Google Form mempermudah prosespembuatan, distribusi, dan penilaian ujian, serta mengurangi kesalahan manusia.Platform ini juga mempercepat pengumpulan hasil dan memberikan umpan balik yanglebih cepat kepada siswa.
Namun,beberapa tantangan seperti akses internet dan penyesuaian formulir untuk soalkompleks perlu diatasi untuk memaksimalkan manfaat Google Form. Dukungan teknisdan pelatihan tambahan bagi guru sangat penting untuk mengatasi kendala ini.
E. Rekomendasi
Berdasarkantemuan penelitian, berikut adalah beberapa rekomendasi untuk meningkatkanpenggunaan Google Form dalam penilaian akhir semester:
 1. Penyediaan Infrastruktur Teknologi: Memastikan akses internet yang stabilbagi semua siswa untuk menghindari masalah teknis selama ujian online
2. Pelatihan untuk Guru: Menyediakan pelatihan bagi guru tentang penggunaanfitur-fitur lanjutan Google Form untuk membuat dan mengelola formulir penilaianyang lebih kompleks.
3. Evaluasi dan Pemantauan: Melakukan evaluasi berkala untuk menilaiefektivitas penggunaan Google Form dan mengidentifikasi area perbaikan. Initermasuk pemantauan berkalauntuk memastikan keberhasilan proses penilaian dan menanggapi umpan balik daripengguna.
4. Pengembangan Sumber Daya: Mengembangkan panduan dan materi pelatihantambahan untuk membantu guru dalam menghadapi berbagai tantangan terkaitpenyesuaian formulir dan penggunaan alat digital lainnya.Â
Daftar Pustaka
Namira, D. (2021). Alternatif Media Evaluasi Pembelajaran Tematik Berbasis Android MenggunakanGoogle Formulir di Sekolah Dasar Plus Tahfizhul Quran ( PTQ ) Annida. Jurnal ImiahKependidikan
Betty Marlina, (2021). Efektifitas Penggunaan Google Form Untuk Penilaian Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Univ pgri Palembang
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI