Mohon tunggu...
Sofia Dani Rosdiana
Sofia Dani Rosdiana Mohon Tunggu... Mahasiswa - 23107030008 prodi Ilmu Komunikasi Mahasiswa semester 2

Mulai menulis

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Belajar Lewat Nonton Drakor? Ini Dia Strategi Pemasaran ala Drakor "Branding in Seongsu"

23 Juni 2024   01:59 Diperbarui: 23 Juni 2024   02:01 341
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber : asianwiki.com

Sekarang ini membangun sebuah perusahaan tidaklah sulit. Peluang bisnis ada dimana-mana. Banyak ilmu dan tips yang bisa kita cari dengan mudah di internet. Asal modal mencukupi, buat apa ragu untuk mendirikan sebuah perusahaan. Pertanyaannya, apakah perusahaan yang anda bangun itu akan sukses dan bertahan lama? Apakah perusahaan yang anda bangun akan dapat bersaing di pasaran?

Sejatinya sebuah perusahaan tidak hanya sekedar menjual produk. Menjual berbagai macam produk memang sudah menjadi suatu kewajiban. Namun, apakah produk yang kita jual adalah satu-satunya di pasaran? Apakah produk kita diminati oleh konsumen? Jika kita melihat ke arah pasar maka tak jarang produk yang kita tawarkan akan banyak yang menyamai.  

Oleh sebab itulah sebuah perusahaan sangat penting untuk melakukan pemasaran. Sekarang ini banyak sekali persaingan antara dua produk yang sama dengan dua perusahaan yang berbeda. Mereka saling bersaing mengunggulkan produk masing-masing perusahaan. Persaingan semakin sengit, maka dari itu Branding menjadi strategi yang tepat untuk melakukan pemasaran.

Branding pada dasarnya adalah proses membangun kesan atau citra perusahaan sehingga bisa menghasilkan prespektif yang positif dan melekat pada konsumen. Sederhananya branding merupakan pembeda yang menjadi ciri khas antara perusahaan anda dan perusahaan pesaing dengan menawarkan produk terbaik dari pada perusahaan lain.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melakukan pemasaran. Kini banyak platform- platform media sosial yang membahas kiat-kiat atau tips melakukan pemasaran yang efektif.

Awal tahun ini salah satu drama Korea dengan judul "Branding In Seongsu" sukses tayang dengan membahas kehidupan pegawai kantoran yang bergerak dibidang pemasaran. Drama ini tayang sebanyak 24 episode, dengan episode pertama tayang pada tanggal 4 Februari 2024 dan episode terakhir tayang pada tanggal 13 Maret 2024.

Dengan genre komedi- romance, drama ini menghadirkan kisah pertukaran jiwa dari kedua tokoh. Tokoh utama perempuan Kang Na Eon yang di bintangi oleh Kim Ji Eun, digambarkan sebagai team leader termuda di Seongsu Agency yang memiliki sifat pekerja keras dan sangat ambisius. Sosoknya juga digambarkan sangat dingin dan pemarah. Berbalik dari sifat tokoh utama perempuan, tokoh utama laki- laki So Eun Ho yang diperankan oleh Park Solomon justru berkarakter ceria dan mudah bergaul. So Eun Ho adalah anak magang di Seongsu Agency yang sedikit diremehkan oleh teman-teman kantornya.

Drama ini dikemas dengan sangat epik. Kisah romantis dari kedua tokoh dengan dibumbui komedi membuat anda yang menonton akan betah dan terbaper- baper. Selain itu, drama ini juga terdapat pesan moral yang dapat kita ambil dari segi cara kerja tim pemasaran. Dimana drama tersebut juga menunjukkan beberpa strategi untuk melakukan branding atau re-branding  yang efektif bagi perusahaan pemula maupun perusahaan yang ingin memperbaiki citra perusahaan yang telah dibangun. Berikut beberapa rangkuman strategi branding maupun re-branding dari drakor Branding In Seongsu :

1. Gunakan tema yang sedang ramai diminati orang

Pada drama tersebut tim satu yang diketuai oleh Kang Na Eon mendapat tawaran dari brand kecantikan XU Beauty untuk memeperbaiki citra produk mereka. Dalam drama digambarkan bahwa di Korea sedang tranding mengenai produk kecantkann yang menggunakan bahan-bahan dari alam. Dari situ Kang Na Eon mempuyai ide untuk membuat pemasaran dengan tema nature.  Kemudian ide tersebut dikembangkannya dan menjadi ide baru yang yang luar biasa tapi tetap sesuai dengan produk yang di jual.

2. Re-Branding

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun