Mohon tunggu...
Agate SEO
Agate SEO Mohon Tunggu... -

Digital Marketing Manager di Traveloka.com dan penulis di AgateSEO.com, tempat belajar tentang SEO, SEM, blogging, bisnis online dan digital marketing.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Suka Main Social Media Bisa Bermanfaat Untuk Karir Loh!

12 November 2014   21:35 Diperbarui: 17 Juni 2015   17:57 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption id="" align="aligncenter" width="576" caption="Sumber gambar: www.agateseo.com"][/caption]

Social Media merupakan sebuah “dunia” berbasis internet yang menjadi tempat berinteraksi dan bersosialisasi. Social media pada umumnya digunakan untuk berbagi informasi, membangun komunitas, berdiskusi, dan berkolaborasi. Hasil survei Nielsen menunjukkan bahwa kebanyakan pengguna internet menghabiskan waktunya di social media daripada situs lainnya. Di Indonesia sendiri, dari sekitar 71 juta pengguna internet (tahun 2014), 70 juta di antaranya memiliki akun social media. Indonesia pun masuk sebagai negara pengguna social media tertinggi di Asia, dengan tingkat pertumbuhan penggunanya tercepat nomor 3 di dunia setelah Turki dan Kolombia. Melihat angka tersebut, tak heran jika sekarang social media mulai menjadi salah satu senjata andalan bisnis (e-commerce) di Indonesia. Banyak orang sudah memahami daya guna social media untuk mengembangkan usaha. Kini saatnya untuk belajar mendalami hal tersebut dan mulai mengembangkan bisnis online Anda.

Peran Social Media untuk Bisnis

Peranan utama dari social media untuk industri bisnis adalah:

  • Media riset: ide bisnis, demografis dan perilaku konsumen, insight
  • Menjangkau market baru
  • Mendekatkan diri dengan key influences (partner, investor, competitor) dan konsumen
  • Mengembangkan WOM (word of mouth) yang positif
  • Memperoleh reputasi yang baik

Social Media Management

Social Media Management merupakan sebuah penerapan prinsip manajerial dalam mengoperasikan social media sebagai perangkat bisnis. Di dalamnya terdapat strategi bisnis untuk mengoptimalkan daya guna social media untuk pengembangan usaha. Social Media Management memudahkan kita untuk mengendalikan aktivitas social media dan mengintegrasikan aktivitas tersebut untuk kebutuhan marketing. Intergrasi beragam platform social media memungkinkan kita untuk menyebarkan pesan utama yang sama dengan berbagai cara dan berbagai media sehingga dapat mencapai tujuan bisnis yang diinginkan tanpa terjebak dalam cara yang membosankan. Pada dasarnya terdapat cara umum yang termasuk dalam bentuk social media management, yaitu:

  • Membuat konten menarik untuk disebarkan melalui berbagai akun secara simultan
  • Scanning followers untuk mengetahui profil dan kemudian mendorong partisipasi followers
  • Memeriksa Google Alert untuk mengetahui seberapa baik eksposure bisnis kita di berbagai situs
  • Membuat dan memonitor komunitas, lalu mengendalikan topik pembahasan

Social Media Marketing

Social Media Marketing adalah bentuk mempromosikan beragam konten bisnis dalam berbagai cara kepada pengguna social media. Kegiatan ini dilakukan untuk menemukan formula yang tepat dalam menyebarkan informasi yang dibutuhkan untuk mengarahkan eksposure bisnis dan peningkatan traffic. Terdapat beberapa cara yang biasanya diaplikasikan dalam social media marketing, yaitu:

  • Membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan konsumen (desain, headline, artikel, multimedia material)
  • Menyebarkan konten tersebut dengan berbagai cara melalui social media (misalnya memosting foto di Instagram atau postingan blog di Facebook dengan menyisipkan link website utama)
  • Membangun network antarpengguna social media
  • Mengajak partisipasi konsumen baik melalui posting komentar, voting, testimoni, maupun give away project

Social Media Specialist

Pesatnya perkembangan social media dalam ranah bisnis menjadikan kebutuhan akan ahli di bidang ini semakin meningkat. Perusahaan semakin banyak yang menyediakan ruang khusus untuk profesi Social Media Specialist. Sesuai namanya, Social Media Specialist secara khusus bertugas menjalankan mata rantai aktivitas social media untuk keperluan bisnis. Seorang social media specialist harus mampu mengaplikasikan strategi yang dapat mengoptimalkan fungsi social media tersebut dalam mencapai tujuan bisnis yang diharapkan. Social Media Specialist biasanya diisi oleh orang-orang dengan latar belakang pendidikan marketing komunikasi (PR dan Advertising), bisnis, dan jurnalistik. Secara umum, tugas seorang Social Media Specialist adalah membina hubungan baik dengan key influences dan konsumen, mengaplikasikan variasi pendekatan marketing bisnis yang efektif, membina interaksi dan kedekatan yang baik dengan audiences social media, menggunakan social media analytics sebagai bahan evaluasi dan pengembangan strategi, mempromosikan konten melalui social media, dan mendorong peningkatan traffic ke website utama.

Social Media Analytics

Kegiatan bisnis melalui social media juga harus terus di-monitoring. Social Media Analytics secara umum dipahami sebagai sebuah proses mengumpulkan data dari social media terkait konsumen dan menganalisanya untuk membuat keputusan bisnis. Social media analytics bertujuan untuk memonitor aktivitas dan memahami efektivitas performa social media serta sebagai bahan evaluasi. Untuk melakukan analisa ini, pada umumnya seorang social media specialist akan menggunakan tools khusus yang tersedia di internet. Beberapa tools yang biasanya digunakan untuk social media analytics antara lain Google Analytics, Facebook Insight, CrowdBooster, dan Social Report. Beberapa tools ada yang dapat digunakan gratis, ada pula yang berbayar.

Social Media Platform Populer untuk Bisnis

Begitu banyak platform social media yang tersebar di internet, bukan berarti Anda harus menggunakan sebanyak-banyaknya untuk menunjang bisnis Anda. Gunakan idealnya paling banyak 5 jenis social media. Platform terpopuler yang selama ini menjadi pilihan pebisnis adalah Facebook, Twitter, Pinterest, LinkedIn, Tumblr, Instagram, Blog (Wordpress dan Blogspot) dan BBM Group. Sebelum memutuskan mana saja yang harus Anda gunakan, pelajari dulu keunikan masing-masing platform, pilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Kesimpulan

Social Media sudah menjadi salah satu tools bisnis andalan pengusaha masa kini. Untuk dapat memberdayakan social media dalam bisnis, pastikan Anda harus memahami dasar-dasar pengetahuan tentangnya. Kenali proses apa saja yang ada di dalamnya, siapa orang yang mampu menjalankannya, hingga platform social media apa saja yang tersedia dan cocok untuk bisnis Anda. Belajar bisnis lewat social media tidak lagi menjadi hal yang sulit.

Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun