Organisasi merupakan wadah yang berisi kumpulan orang dengan tujuan yang sama yaitu visi dan misi dari organisasi. Dalam KBBI organisasi adalah kesatuan (susunan dan sebagainya) yang terdiri atas bagian-bagian (orang dan sebagainya) dalam perkumpulan dan sebagainya untuk tujuan tertentu.
Sudah sepatutnya dalam berorganisasi haruslah bersikap profesional. Apa itu profesional ? Mengutip dari KBBI, profesional adalah bersangkutan dengan profesi. Sudah sepatutnya kita bersikap profesional di dalam organisasi untuk mencapai tujuan bersama.
Jangan sampai masalah personal antar orang dibawa ke dalam organisasi, misalnya dalam sebuah forum jangan menegur secara pribadi karena sama saja hal tersebut merendahkan orang yang bersangkutan.
Barack Obama pernah berkata tentang profesionalitas yaitu "Dan kita ingat akhir dari misi tempur kita dan munculnya fajar baru - ketepatan upaya kita melawan al Qaeda di Irak, profesionalisme pelatihan pasukan keamanan Irak, dan penarikan pasukan kita yang stabil. Dalam menyerahkan tanggung jawab kepada Irak, Anda mempertahankan keuntungan selama empat tahun terakhir dan membuat hari ini menjadi mungkin ."
Saling memaafkan adalah hal yang perlu dilakukan dalam menjalin hubungan yang baik dalam berorganisasi, kita harus menjaga kekeluargaan demi tercapainya tujuan yang sama. Mengapa profesionalitas harus dijaga ? Karena itulah hal yang sangat berpengaruh dalam kehidupan berorganisasi.
Bambang Pamungkas pernah berkata terkait profesional yaitu "Dalam dunia profesional, tekanan itu perlu karena hal tersebut akan membuat Anda selalu terjaga, dan terpacu untuk memberikan yang terbaik."
Sangat baik jika saling memaafkan dan bekerja sama dalam membangun atmosfer organisasi yang baik dan berjalan lancar. Menurut saya, orang akan segan jika melihat Anda profesional dalam organisasi, begitupun sebaliknya.
Susi Pudjiastuti pun pernah berkata "Saya mungkin tidak berpendidikan tetapi saya profesional."
Begitu penting profesionalitas dalam bekerja di sebuah organisasi sehingga membuat citra yang baik dan bersahaja. Hal tersebut membuat organisasi akan berjalan lancar dan dengan ketercapaian yang sangat memuaskan.
Masalah personal jangan sampai dibawa ke ranah organisasi, karena hal tesebut sangatlah buruk dan jelek dan sebuah jalannya organisasi. Masalah antar personal dalam organisasi haruslah diselesaikan secara baik-baik sehingga tidak menimbulkan fitnah dan masalah yang berkepanjangan.Â
Setelah masalah selesai harusnya orang yang bersangkutan sudah baik-baik saja dan menjalankan organisasi sesuai tupoksi serta tidak lagi membawa masalah personal ke organisasi. Dan jangan sampai menghasut yang tidak baik ke sesama pengurus organisasi.