Banjarmasin - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN UIW Kalselteng) siap mendukung kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Banjarmasin pada Jumat (25/4).
General Manager PLN UIW Kalselteng, Sudirman menegaskan pihaknya siap berkontribusi mendukung kebijakan PSBB di Kota Banjarmasin, adapun bentuk dukungan yang dilakukan PLN antara lain memastikan pasokan listrik tercukupi dan keandalan suplai listrik kepada masyarakat tetap terjaga dengan baik.
"Kami sangat mendukung kebijakan Pemkot Banjarmasin, untuk itu demi kenyamanan masyarakat kami akan terus jaga dan pastikan pasokan listrik dapat tersalurkan secara terus menerus selama 24 jam", tegas Sudirman, Kamis (24/4).
Sudirman mengatakan pihaknya juga membuat kebijakan untuk menghentikan kegiatan pemeliharaan listrik terencana secara offline (padam). Itu artinya PLN tidak akan memadamkan listrik untuk melakukan pemeliharaan, kecuali ada insiden diluar kendali yang sangat mendesak.
Selain itu untuk meningkatkan layanan kelistrikan jika terjadi gangguan jaringan listrik, PLN sudah menetapkan petugas siaga 24 jam yang akan bergerak cepat menangani pengaduan dan keluhan masyarakat.
"Pemeliharaan listrik sudah kita hentikan, kecuali sangat mendesak. Jika terjadi gangguan kelistrikan, kami harap masyarakat segera melapor melalui layanan Contact Center 123. Masyarakat lapor, petugas secepatnya akan melakukan tindaklanjut. 24 jam petugas kami siap siaga melayani masyarakat", jelas Sudirman.
Selain fokus pada keandalan listrik untuk masyarakat, PLN juga pastikan keandalan pasokan listrik Rumah Sakit yang menjadi rujukan penanganan Covid-19 di Provinsi Kalimantan Selatan, salah satunya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin bebas dari segala potensi gangguan kelistrikan. Sudirman mengatakan untuk memastikan pasokan semakin aman, pihaknya sudah menyiapkan penyulang cadangan yang dapat dijadikan sebagai back-up jika terjadi gangguan.
"Tim kami sudah terjun melakukan pemantauan ke RSUD Ulin Banjarmasin, instruksinya jelas bahwa kami akan menjaga pasokan listrik untuk Rumah Sakit tersebut tetap andal, listriknya harus terus menyala", pungkasnya.
Untuk memaksimalkan pengamanan keandalan listrik, PLN sudah melakukan supervisi terhadap instalasi dan Genset yang tersedia di Rumah Sakit, serta menyiapkan petugas khusus yang siap 24 jam melayani kelistrikan Rumah Sakit sewaktu-waktu jika dibutuhkan.
"Kami juga sudah menunjuk petugas khusus yang siap siaga 24 jam untuk melayani kelistrikan di RSUD Ulin Banjarmasin, jika ada kendala apapun terkait kelistrikan, petugas kami siap melayani", ungkap Sudirman.
Sebagai tambahan informasi, saluran resmi pengaduan dan keluhan layanan kelistrikan PLN dapat melalui Contact Center PLN 123 yang dapat diakses melalui ponsel (kode area+123), telepon 123, email pln123@pln.co.id, Twitter @pln_123, Facebook PLN 123 dan website www.pln.co.id. Pelanggan juga bisa mendaftar melalui Aplikasi PLN Mobile (Android/IOS). Rilis PLN