Mohon tunggu...
Siti Madiniah
Siti Madiniah Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Suka menulis dan baca, Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2011

Selanjutnya

Tutup

Catatan Pilihan

Cerita Kuliah Lapangan: Pengalaman Ngajar PLP

27 November 2014   03:06 Diperbarui: 17 Juni 2015   16:45 82
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
14170068771892202991

Sejak dulu, Tak pernah terbesit dalam pikiran saya jika kelak nanti saya akan mengambil profesi menjadi seorang guru toh sekarang saya masih kuliah dijurusan keguruan. kalau jaman sekolah dulu, ditanya perihal cita-cita pastinya jawaban mereka rata-rata menjadi dokter, polisi, pegawai dll, jarang sekali mereka yang lantang menyebutkan dirinya ingin menjadi seorang guru.
Semakin kesini saya menyadari bahwa menjadi seorang guru itu memang mengasyikan. bukan hanya tantangan kemampuan materi yang harus dikuasai dan disampaikan oleh guru kepada murid-muridnya, terlebih tantangan memahami banyaknya karakter anak yang ada dikelas dan seorang guru itu harus mampu menguasainya dengan baik.

Cerita itu merupakan kenangan saya selepas selesai mengikuti matakuliah program latihan profesi disalah satu SMP di Yogyakarta selama 2 bulan lamanya. Banyak hal yang bisa saya ambil hikmah dari kuliah lapangan ini terlebih dalam manajemen waktu, manajemen kelas, memahami karakter anak-anak dan pastinya pengalaman berharga jika kelak saya menjadi seorang guru beneran.

dan selepas selesai PLP ini, saya sangat merindukan sekolah, anak-anak yang menyenangkan dan ramah, suasana kelas yang kadang gaduh, kadang santai, kadang tegang jika ulangan tiba. Serta senyum siswa-siswa yang saya ajar dikelas tiap pagi pas saya datang ke sekolah. Terasa aneh ketika hal yang biasa kita lakukan tiba-tiba hilang begitu saja. Terasa aneh  ketika biasanya tiap pagi saya bergegas ke sekolah namun mulai saat ini saya stay di kostan dan menunggu datangnya jawal kuliah. dan terasa aneh pula ketika saya tidak bertemu lagi dengan mereka, pihak sekolah, siswa-siswa yang telah membantu dalam menjalankan tugas belajar ini.

Foto Bersama sebelum pepisahan dengan anak-anak (Saya di tengah)

Semoga pengalaman ini akan selalu dikenang, dan semoga kita dipertemukan kembali dilain kesempatan :)

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun