Pelatihan Literasi Membaca Pemahaman bertema "Semangat Bersinergi Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman yang Berkualitas" digelar SD Islam Terpadu (SDIT) Ummu'l Quro Depok, Jalan H Sinda no. 54 Beji Depok Jawa Barat digelar pada 5 Desember 2023.
"Pelatihan ini antara lain menyikapi temuan rapor Mutu Pendidikan sebagaimana temuan Kemendikbudristek, bahwa pada 2023 tingkat literasi murid di SD, SMP, dan SMA atau SMK masih pelru ditingkatkan" ujar Dwi Nowo Imam Nugroho, M.Pd Kepala SDIT Ummu'l Quro Depok, saat membuka acara tersebut.
Diakui oleh Dwi Nowo Imam Nugroho, M.Pd, kemampuan membaca pemahaman sangat penting dalam rangka meningkatkan menambah wawasan pendidik dan peserta didik di SDIT Ummu'l Quro yang dipiminnya, dalam rangka berliterasi. Itu sebabnya, pada pelatihan ini peserta pelatihan ini melibatkan semua warga SDIT.
7 Pintu Masuk Membaca Pemahaman
Membaca Pemahaman dalam konteks berliterasi di SD, perlu berpedoman pada Kurikulum yang digunakan. Sebagaimana diketahui, Literasi Membaca adalah keterampilan mendasar yang membuka pintu akses ke pengetahuan.
Pada Kurikulum Merdeka, misalnya, peserta didik atau siswa diajarkan untuk menjadi pembaca yang kritis dan aktif, mampu mengeksplorasi berbagai sumber informasi, dari buku cetak hingga sumber digital. Kompetensi dalam memahami teks multimoda yang mencakup teks tulis, teks lisan, teks animasi, teks lisan (siniar), dan teks audiovisual.
"Dengan memedomani tujuan tersebut, mari kita dapat menuju ke 7 pintu masuk dalam Membaca Pemahaman" ujar narasumber Slamet Samsoerizal, dalam Pelatihan Literasi tersebut.
Lebih lanjut dijelaskan Samsoerizal, 7 pintu masuk yang dimaksud mencakup: tingkatkan kosakata, munculkan pertanyaan, gunakan petunjuk konteks, cari ide utama atau gagasan pokok, tulis ringkasan, pisahkan teks bacaan dalam bagian-bagian, dan atur kecepatan.
Dalam memahami sebuah teks, peserta didik sebaiknya juga dibiasakan untuk mencatatat kosakata yang belum diketahui. Ini bertujuan, agar kosakata pembaca menjadi meningkat. Pintu berikutnya adalah memunculkan pertanyaan saat membaca. Apa yang dimaksudkannya?