Apakah kalian tahu apa itu toko retail? Menurut Gilbert (2003:6), retail adalah semua usaha bisnis yang secara langsung mengarahkan kemampuan pemasarannya untuk memuaskan konsumen akhir berdasarkan organisasi penjualan barang dan jasa sebagai inti dari distribusi. Secara sederhana, retail adalah bisnis yang melibatkan penjualan barang atau jasa kepada konsumen dalam jumlah satuan atau eceran.
Seiring bertambahnya tahun, perkembangan usaha retail di Indonesia juga semakin ikut berkembang. Banyak sekali bidang usaha retail yang berdiri untuk menjadi salah satu sumber penghasilan. Selain itu, usaha  toko retail juga diciptakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar. Untuk memenuhi hal tersebut, maka setiap usaha retail harus memperhatikan hal-hal berikut ini.
Berikut hal-hal yang harus kalian perhatikan agar toko retail kalian lebih menarik:
1. Branding Toko Retail
Branding merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk memasuki dan membeli produk kalian. Apa sih branding itu? Menurut (Karjalainen, 2004) branding adalah sebuah proses komunikasi dua arah antara produsen dengan konsumennya yang diwujudkan menjadi kesetiaan konsumen dalam memilih brand tersebut.
Secara sederhana, branding adalah praktik pemasaran sebuah perusahaan dengan menciptakan nama, simbol, atau desain yang mudah diidentifikasi sebagai milik suatu bisnis atau perusahaan. Branding memiliki tujuan sebagai identitas dan citra toko yang berfungsi sebagai pembeda antara toko satu dengan toko lainnya. Branding yang baik juga dapat menumbuhkan rasa kepercayaan konsumen kepada toko sehingga dapat membuat konsumen untuk datang kembali ke toko retail kalian.
2. Layout Toko Retail
Toko retail yang baik juga harus memperhatikan layout ruang yang baik juga. Penataan layout dapat dikelompokkan berdasarkan area publik, area privat dan area service. Selain itu, penataan layout juga dapat dikelompokkan berdasarkan fungsi, motivasi pembelian produk, pengelompokan produk dan kebutuhan penyimpanan.