Di sekitar kita banyak yang bertopeng, meski tanpa topeng. (Supartono JW.10082020)
Bila para pemimpin daerah, elite partai di parlemen dan pemerintahan, tidak akan memiliki beban dan tanggungjawab kepada partai yang mengusungnya, yakin, pasti mereka akan menjalankan fungsi dan tugasnya dengan menjadi diri sendiri dan amanah untuk rakyat tanpa beban dan tuntutan di belakang layar yang rakyat tidak ketahui.
Bagi masyarakat umum, mengapa banyak yang berupaya untuk menjadi orang lain? Bukan menjadi diri sendiri? Demi dipandang, demi pengakuan, gengsi, meski harus memaksakan dan menyiksa diri. Inilah potret negara berkembang bernama Indonesia, yang tingkat pendidikannya juga masih terus tertinggal, tapi rakyat dan pemimpinnya ada yang terpaksa bertopeng atau berebut memakai topeng. Bukan menjadi dirinya sendiri.
Â
Dalam kehidupan tak nyata, panggung sandiwara, baik yang dipertontonkan dalam wujud gambar (film) dan panggung (drama), seorang aktor/aktris memiliki tugas memerankah tokoh sesuai karakter yang ada dalam skenario cerita.
Bahkan demi tuntutan peran, seorang aktor/aktris bahkan harus melakukan studi pemeranan dengan kehidupan nyata dan mempelajari peranan dan karakter yang akan dimainkan sesuai fakta. Bukan hanya mendalami karakter tokoh, namun secara fisik (umur, penampilan, gaya, bahasa tubuh, bahasa lisan dll), juga disesuaikan dengan tuntutan peranan.
Prinsipnya, sebelum seorang aktor/aktris memerankan tokoh dalam layar kaca atau panggung drama, maka bekal karakter sudah wajib menyatu dalam tubuh dan pikiran aktor/aktris, lalu menjalani proses latihan yang diarahkan sutradara, dan eksekusi pemeranan saat pengambilan gambar atau pertunjukkan di panggung.
Meski demikian, tidak semua aktor/aktris berhasil memainkan peranan sesuai tuntutan naskah maupun arahan sutradara bila saat melakukan adegan tidak total.
Seorang aktor/aktris yang sudah ditunjuk sutradara untuk memerankan tokoh, maka dapat digaransi, kemampuan akting aktor/aktris tersebut mumpuni. Aktor/aktris yang mumpuni, profesional, biasanya dasarnya berbakat dan ditunjang oleh pendalaman peran, latihan dan latihan, serta topangan dari aktor/aktris lain sebagai lawan bermain. Tidak instan.
Jadi, banyak faktor yang wajib dilalui oleh seorang aktor/aktris sebelum sukses memainkan karakter dalam pemeranan film atau drama. Yang pasti, saat berperan, mereka tidak lagi menjadi diri sendiri. Sudah menjadi karakter lain, menjadi sosok lain, menjadi orang lain. Bila, dalam sinetron kita tak dapat membedakan seorang artis dalam judul berbeda, namun karakter dan cara memainkannya sama saja, maaf, itu bukan aktor/aktris dalam kategori yang sedang saya bahas. Sebab, apapun yang diperankan, dalam judul yang berbeda, semua aktingnya sama saja, hanya membawa dirinya sendiri, tidak masuk dalam tokoh yang seharusnya.
Sekarang juga banyak aktor/aktris karbitan yang bermunculan dengan berbagai latar belakang. Ada yang sebab karena anak atau keturunan dari aktor/aktris terkenal, tapi sejatinya tak berbakat. Ada yang hanya jual "tampang" demi keuntungan produser, ada yang pesanan, dll. Sehingga praktik KKN dalam dunia aktor/aktris ini juga terjadi dengan tujuan yang beragam sampai ada aktor yang dengan bangga menyebut dirinya sultan sampai stasiun televisi pun membikinkan acaranya. Baik aktor dan televisinya, jelas apa tujuan yang dicari.
Itulah sedikit gambaran menyoal aktor/aktris dalam dunia layar kaca, layar lebar, dan panggung drama di dunia ini. Semua aktor dan aktris dibayar untuk memerankan tokoh menjadi orang lain, bukan dirinya sendiri, menjadi palsu.