Mohon tunggu...
Supartono JW
Supartono JW Mohon Tunggu... Konsultan - Pengamat
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Niat berbagi

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Mau Artikel Kompasiana Anda Menjadi Artikel Pilihan, Artikel Utama, dan Banyak Pembacanya?

9 April 2020   23:22 Diperbarui: 9 April 2020   23:30 220
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: doc.Supartono JW

Mau artikel Kompasiana Anda mendapatkan penghargaan sebagai artikel pilihan atau artikel utama dan mendapatkan banyak pembaca, mendapatkan rating dan komentar, sehingga setiap bulan akun Go-Pay Anda terus mengalir pasokan rupiah (K-Rewards) dari Kompasiana? 

Caranya tidak sulit, bila Anda menulis di Kompasiana dengan salah satu tujuan mendapatkan uang, bukan sekadar berbagi. 

Sedikit pengalaman saya bisa bagikan, namun pengalaman ini saya ambil saat akun saya masih akun Supartono JW yang lama, bukan berdasarkan pengalaman akun baru saya SJW, yang tetap menggunakan nama profil Supartono JW. Andai akun lama tidak diblokir, maka status saya, kini sudah penjelajah. 

Karena niat saya menulis memang ikhlas sekadar berbagi, maka seingat saya, saat itu dan juga saat ini, semua artikel yang saya tayangkan memang berdasarkan hal-hal yang aktual, informasinya dapat berguna bagi masyarkat, berdasarkan data dan fakta obyektif, berimbang dan tidak memihak. 

Selain itu, pilihan judul artikel juga saya pilih kata-kata yang dapat membangkitkan niat baca netizen yang haus akan informasi aktual dan bernas. Judul juga edukatif, persuasif, dan positif. 

Kemudian isinya selain mengungkap hal obyektif dan kejujuran, juga menawarkan alternatif pemecahan solutif dan inovatif yang bukan "sok tahu".

Yang saya ingat pula, saling memberi rating dan memberi komentar pada artikel kompasianer lain, juga membantu raihan poin yang signifikan karena memang ada penghitungan poin tersendiri. Simbiosis mutualis, mungkin begitu.

Namun, lebih dari semua itu, bila artikel yang kita tulis, kemudian naik menjadi artikel utama, maka akan sangat membantu netizen "memangsa" artikel kita. Sehingga, dalam akun lama saya, dari sekitar empat ratusan artikel, ada tigaperempatnya yang terbagi menjadi artikel pilihan dan artikel utama. 

Hingga pada bulan Agustus 2019, salah satu artikel saya meraih jumlah pembaca hingga lebih dari empat ratus ribu netizen. Ganjarannya pun, menjadi peraih K-Rewarda nomor 1 di bulan Agustus dan menjadi artikel populer di tahun 2019. 

Kini, di akun baru SJW dengan nama profil tetap Supartono JW, tidak ada kebiasaan lain saya dalam menulis artikel karena niatnya memang berbagi. Jadi, apakah artikel saya akan diganjar menjadi artikel pilihan atau tidak, apalagi menjadi artikel utama, niat saya hanya berbagi. 

Apakah artikel saya akan banyak yang membaca atau akan banyak yang memberi rating dan komentar, niat saya tetap berbagi. Bila dalam akun baru ini jumlah artikel saya sekarang baru 285 , kemudian yang dapat rating artikel utama baru 5 dan artikel pilihan 199, saya hanya niat berbagi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun