Mohon tunggu...
Evaria Situmeang
Evaria Situmeang Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya memiliki hobbi membaca dan menyanyi, sedangkan profesi guru merupakan cita-cita saya sejak kecil. Berteman dengan semua orang adalah motto hidup saya. Keluarga adalah prioritas yang utama

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Perbedaan Model, Metode, Strategi dan Pendekatan Pembelajaran

22 November 2023   16:30 Diperbarui: 22 November 2023   16:33 2436
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Perbedaan Model, Metode, Strategi, dan Pendekatan Pembelajaran

Dalam Menyusun perangkat pembelajaran terutama RPP atau modul ajar  harus mencatumkan model, metode, strategi dan pendekatan pembelajaran. Oleh sebab itu, perlu adanya pemahaman yang jelas dalam dalam memahami setiap kata tersebut, agar tidak ada kekeliruhan dalam menyusun perangkat pembelajaran yang akan digunakan di kelas.

Model pembelajaran merupakan tingkatan tertinggi dalam kerangka pembelajaran karena mencakup keseluruhan tingkatan. Lingkupnya yaitu keseluruhan kerangka pembelajaran karena memberikan pemahaman dasar atau filosofis dalam pembelajaran. Model pembelajaran merupakan pedoman bagi tenaga pendidik dalam melangsungkan kegiatan belajar  mengajar di kelas. Model ini mencakup pendekatan, strategi, hingga metode pembelajaran. Mengutip buku Model-model Pembelajaran karya Shilphy A. Octavia (2020:12-13)

Sedangkan metode pembelajaran menurut pendapat para ahli pengertian metode pembelajaran adalah suatu cara atau alat yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran untuk mengimplementasikan rencana yang disampaikan kepada peserta didik demi mencapai tujuan pembelajaran.

Perbedaan utama dari model dan metode pembelajaran adalah metode pembelajaran telah memiliki langkah konkret untuk melaksanakannya. Sementara itu model pembelajaran hanya gambaran umum atau kerangka kerjanya saja. Artinya, Guru harus membuat langkah-langkah (sintaks) sendiri.

Menurut Siregar (2010 : 3) strategi pembelajaran merupakan sebuah proses yang kompleks yang terjadi pada semua orang berlangsung seumur hidup, sejak masih bayi (bahkan dalam kandungan) hingga liang lahat. Salah satu pertanda bahwa seseorang telah belajar sesuatu adalah adanya perubahan tingkah laku dalam dirinya.

Strategi pembelajaran adalah cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan materi pelajaran dalam lingkungan pengajaran tertentu, meliputi sifat, lingkup, dan urutan kegiatan yang dapat memberi pengalaman belajar kepada siswa. Strategi pembelajaran terdiri dari teknik (prosedur) dan metode yang akan membawa siswa pada pencapaian tujuan. Jadi, strategi lebih luas daripada metode dan teknik.

Langkah atau persiapan pertama dari proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Seorang guru menggunakan pendekatan pembelajaran sebagai pandangan umum tentang masalah dan objek pembelajaran. Baik yang berpusat pada guru dan yang berpusat pada siswa.

Menurut Suherman pendekatan pembelajaran adalah cara, suatu jalan atau kebijaksanaan guru atau siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dilihat secara umum atau khusus dari sudut pandang proses pembelajaran atau materi pembelajaran.

Berdasarkan pendekatan pembelajaran yang diberikan tersebut, guru menurunkannya ke dalam strategi pembelajaran melalui langkah-langkah sistematis dan sistematik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun