Sales order pada Sistem ERP digunakan untuk membantu bagian sales marketing dalam melakukan pendataan yang berhubungan dengan transaksi penjualan. Pendataan yang bisa dilakukan dalam modul Sales Order yaitu :
- Pencatatan daftar harga
- Metode pembayaran
- Data PO Customer
- Data penjualan
- Data pengembalian barang
- Data pengiriman barang
Selain melakukan pendataan, fungsi dari modul Sales Order ini juga bisa digunakan untuk membantu manajemen dalam pengambilan keputusan dari transaksi yang ada. Data tersebut bisa dilihat dalam bentuk laporan yang sudah disediakan dan dikategorikan sesuai kebutuhan perusahan. Berikut adalah contoh bentuk laporan yang bisa dihasilkan dari modul Sales Order yaitu :
- Laporan harga barang
- Laporan penjualan
- Laporan Outstanding
- Laporan pengembalian dan pengiriman barang
- Laporan Credit Limit
Manfaat dari diterapkannya otomasi Sales Order dalam perusahaan yaitu untuk menghindarkan adanya human error sehingga dapat meningkatkan pelayanan customer dan membantu mengembangkan perusahaan menjadi lebih baik dari segi keefisienan dan keefektifan waktu yang dimana pendataan transaksi dan pengaksesan dokumen/laporan dapat dilakukan kapan dan dimana saja secara mudah cepat dan akurat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H