Satu tahun sudah pandemic covid-19 menyerang Indonesia. Berdasarkan Laporan Perekonomian Indonesia tahun 2020 Pertumbuhan ekonomi nasional di triwulan I tahun 2020 menjadi yang terendah selama 4 tahun terakhir. Dampak dari pandemic ini sangat terasa di sector transportasi dan pergudangan dan sector penyediaan akomodasi dan makan minum. Menurunnya konsumsi rumah tangga akibat penurunan pendapatan masyarakat dan aktivitas ekonomi juga terjadi karena pembatasan social berskala besar (PSBB)
Terlebih lagi bagi para pedagang tentunya hal ini sangat menganggu pendapatan penjualan mereka. Di era pandemic seperti sekarang mereka harus memutar otak bagaimana cara menstabilkan perekonomian untuk bertahan hidup. Dan ini saat yang tepat untuk mengandalkan perkembangan teknologi, penggunakan teknologi informasi sebagai fasilitas untuk kemudahan pelayanan kepada customer dan menjadi jembatan kemudahan antaran penjual dan pembeli.
Salah satu teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk pedagang yaitu Ecommerce (Electronic Commerce / Pedagangan secara elektronik) dan Sosial Media. Dengan memanfaat Ecommerce ini dapat menjangkau pemasaran lebih luas tanpa terbatas jarak dan waktu, yang terbukti banyak UMKM yang merasa terbantu karena lebih memudahkan dan juga murah dengan banyaknya fitur dan pilihan Ecommerce yang ada di Indonesia sekarang ini.
Tidak ada salahnya untuk mencoba pemasaran dan penjualan dengan menggunakan teknologi karena sudah banyak artikel yang membantu untuk belajar cara memulai berjualan via online ini dari dasar.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H