Mohon tunggu...
Siti Saumi Utari
Siti Saumi Utari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya merupakan mahasiswa aktif yang hobi bernyanyi dan mencoba hal baru!

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Review Jurnal "Increasing Marketing of MSME Through Quality Product Management, Digital Marketing, and Digital Financing".

12 Januari 2025   15:46 Diperbarui: 12 Januari 2025   15:46 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Journal Of Community Engagement: Volume 06, Number 02, November 2024, Page 30-34.

Increasing Marketing of MSME Through Quality Product Management, Digital Marketing, and Digital Financing.

Penulis: Eka Patra, Hasrul, Herman, Hari Muharam, Lim Thien Sang, Rosle Mohidin.

Reviewer: Siti Saumi Utari - 021121354

Jurnal "Increasing Marketing of MSME Through Quality Product Management, Digital Marketing, and Digital Financing"  membahas tentang upaya meningkatkan pemasaran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, melalui manajemen produk berkualitas, pemasaran digital, dan pembiayaan digital. Fokus utama adalah mengatasi tantangan yang dihadapi oleh pelaku UMKM, seperti kurangnya pemahaman tentang teknologi digital, manajemen produk, dan akses pembiayaan digital. Jurnal ini mendeskripsikan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang melibatkan 40 pelaku UMKM, akademisi dari Universitas Pakuan dan Universiti Malaysia Sabah, serta pemerintah lokal. 

Hasil Penelitian pada jurnal ini antara lain:

1. Identifikasi Masalah: Pelaku UMKM menghadapi tantangan dalam:

  • Memahami harga pokok produksi (HPP).
  • Pengemasan produk.
  • Manajemen produk berkualitas.
  • Sistem pemasaran digital.
  • Akses ke pembiayaan digital.

2. Solusi yang Ditawarkan:

  • Pelatihan terkait pemasaran digital, manajemen produk berkualitas, dan pembiayaan digital.
  • Observasi lapangan untuk memahami lebih dalam permasalahan pelaku UMKM.
  • Mendorong kolaborasi antara pemerintah, akademisi, dan pelaku usaha.

3. Dampak Positif:

  • Peningkatan pemahaman pelaku UMKM terhadap digitalisasi.
  • Terbentuknya hubungan kolaboratif antara pelaku UMKM dan pihak terkait.
  • Motivasi untuk generasi muda dalam melanjutkan bisnis UMKM.

Kelebihan pada jurnal ini antara lain:

1. Topik Relevan dan Aktual

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun