Journal Of Community Engagement: Volume 06, Number 02, November 2024, Page 30-34.
Increasing Marketing of MSME Through Quality Product Management, Digital Marketing, and Digital Financing.
Penulis: Eka Patra, Hasrul, Herman, Hari Muharam, Lim Thien Sang, Rosle Mohidin.
Reviewer:Â Siti Saumi Utari - 021121354
Jurnal "Increasing Marketing of MSME Through Quality Product Management, Digital Marketing, and Digital Financing"Â membahas tentang upaya meningkatkan pemasaran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, melalui manajemen produk berkualitas, pemasaran digital, dan pembiayaan digital. Fokus utama adalah mengatasi tantangan yang dihadapi oleh pelaku UMKM, seperti kurangnya pemahaman tentang teknologi digital, manajemen produk, dan akses pembiayaan digital. Jurnal ini mendeskripsikan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang melibatkan 40 pelaku UMKM, akademisi dari Universitas Pakuan dan Universiti Malaysia Sabah, serta pemerintah lokal.Â
Hasil Penelitian pada jurnal ini antara lain:
1. Identifikasi Masalah: Pelaku UMKM menghadapi tantangan dalam:
- Memahami harga pokok produksi (HPP).
- Pengemasan produk.
- Manajemen produk berkualitas.
- Sistem pemasaran digital.
- Akses ke pembiayaan digital.
2. Solusi yang Ditawarkan:
- Pelatihan terkait pemasaran digital, manajemen produk berkualitas, dan pembiayaan digital.
- Observasi lapangan untuk memahami lebih dalam permasalahan pelaku UMKM.
- Mendorong kolaborasi antara pemerintah, akademisi, dan pelaku usaha.
3. Dampak Positif:
- Peningkatan pemahaman pelaku UMKM terhadap digitalisasi.
- Terbentuknya hubungan kolaboratif antara pelaku UMKM dan pihak terkait.
- Motivasi untuk generasi muda dalam melanjutkan bisnis UMKM.
Kelebihan pada jurnal ini antara lain:
1. Topik Relevan dan Aktual