Karisa Dwi Heria Rosa & Sriyani Putri.
Ilmu Komunikasi, Universitas Bina Darma, Indonesia.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran content writer dalam mengelola konten di media online Akurat.CO Sumsel. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seorang content writer harus memiliki kemampuan menulis yang baik, memahami cara melakukan riset dari sumber-sumber yang tepercaya, menganalisis tren terkini, serta menerapkan teknik SEO untuk memastikan artikel memiliki visibilitas yang baik di mesin pencari. Selain itu, content writer juga berperan dalam mengelola dan mengatur jadwal penerbitan konten atau artikel di media online.
Kata Kunci: Content Writer, Pengelolaan Konten, Media Online
Abstract
This research aims to analyze the role of content writers in managing content in the online media Akurat.CO South Sumatra. The research method used is descriptive qualitative with data collection through observation, interviews, and documentation studies. The results showed that a content writer must have good writing skills, understand how to conduct research from trusted sources, analyze the latest trends, and apply SEO techniques to ensure articles have good visibility on search engines. In addition, content writers also play a role in managing and organizing the schedule for publishing content or articles in online media.
Keywords: Content Writer, Content Management, Online Media
Â
PENDAHULUAN
Perkembangan zaman yang semakin maju, baik perusahaan maupun lembaga pemerintahan semakin berlomba-lomba mencari sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan memiliki etos kerja tinggi untuk menghasilkan inovasi baru serta memecahkan atau menemukan solusi atas berbagai masalah yang akan dihadapi. Salah satu peran yang sangat dibutuhkan di era digital saat ini adalah kemampuan dalam mengelola dan mengedit konten web.
Sebuah survei yang dirilis oleh Nielsen Consumer & Media View pada tahun 2017 menunjukkan adanya pergeseran signifikan dalam kebiasaan membaca masyarakat Indonesia. Survei ini mengungkapkan bahwa jumlah pembaca media online di Indonesia mencapai 6 juta orang, sebuah angka yang mencerminkan peralihan besar dari media cetak ke platform digital. Pergeseran ini tidak hanya mencerminkan perubahan preferensi pembaca tetapi juga menyoroti potensi besar yang dimiliki media online dalam menyampaikan informasi dengan cepat dan luas.