PENGELOLAAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH ISLAM TERPADU: KONSEP, FUNGSI, DAN TANTANGAN INTEGRASI PENDIDIKAN
Siti Saidah Gina Azkia/Mahasiswa MPI/S1/UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Pengelolaan peserta didik di sekolah Islam Terpadu memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan sesuai dengan nilai-nilai Islam. Asumsi dasar dari penelitian ini adalah pengelolaan yang baik dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan karakter peserta didik. Namun, tantangan seperti perbedaan pendekatan antara sekolah Islam Terpadu dan lembaga lain serta integrasi kurikulum akademik dan agama masih menjadi isu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep dasar pengelolaan peserta didik di sekolah Islam Terpadu dan bagaimana penerapannya dapat mendukung pencapaian tujuan pendidikan secara komprehensif.
Konsep Dasar Pengelolaan Peeserta Didik Sekolah Islam Terpadu; Makna dan hakikat pengelolaan peeserta didik sekolah islam terpadu, fungsi dan tujuan pengelolaan peserta didik di sekolah islam terpadu dan ruang lingkup manajemen peserta didik terpadu holistik dan integrative.
Pertama: Pada hakikatnya manajemen peserta didik adalah "suatu penataan atau pengaturan segala aktivitas yang berkaitan dengan peserta didik, yaitu mulai dari masuknya peserta didik sampai dengan keluarnya peserta didik tersebut dari suatu madrasah atau suatu lembaga" Apabila dikaitkan dengan Pengelolaan Peserta Didik pada Sekolah Islam Terpadu. Maka pengerian itu menjadi; "suatu penataan atau pengaturan segala aktivitas yang berkaitan dengan peserta didik, yaitu mulai dari masuknya peserta didik sampai dengan keluarnya peserta didik tersebut dari Sekolah Islam Terpadu". Adapun, karakteristik peserta didik SIT yang diharapkan; Berawal dari SIT bertujuan untuk mencetak peserta didik dengan karakteristik yang dikehendaki oleh pengelola. Karakteristik tersebut adalah "karakteristik yang identik dengan karakteristik kader tarbiyah.
Kedua: Fungsi dan tujuan pengelolaan peserta didik di Sekolah Islam Terpadu  berkenaan dengan pengembangan individualitas peserta didik agar mereka dapat membantu kemampuan umum, kemampuan khusus, dan kemampuan lainnya. Fungsi berkenaan dengan pengembangan fungsi sosial peserta didik agar peserta didik dapat mengadakan sosialisasi dengan sebayanya, orang tua dan keluarganya, dengan lingkungan sosial madrasah dan masyarakatnya. Fungsi berkenaan dengan penyaluran aspirasi dan harapan peserta didik agar peserta didik tersalur hobi, kesenangan dan minat. Fungsi berkenaan dengan pemenuhan kebutuhan dan kesejahteraan peserta didik agar peserta didik sejahtera dalam hidupnya.
Ketiga: Teori manajemen peserta didik yang dikemukakan oleh Knezevich (1961) menyatakan bahwa manajemen peserta didik (pupil personnel administration) merupakan layanan yang berfokus pada pengaturan, pengawasan, dan pelayanan terhadap siswa, baik di dalam maupun di luar kelas. Hal ini mencakup proses mulai dari penerimaan siswa, pendaftaran, hingga pengembangan kemampuan, minat, dan kebutuhan siswa selama masa pendidikan. Tujuan utama dari manajemen peserta didik adalah untuk mengatur kegiatan siswa agar dapat mendukung proses belajar mengajar dan memastikan pencapaian tujuan pendidikan yang optimal.
Tulisan ini disajikan dari Materi Mata Kuliah Sekolah islam Terpadu (SIT) Part 8 Point A : Konsep Dasar Pengelolaan Peeserta Didik Sekolah Islam Terpadu (Tugas 31 Oktober 2024), Dosen Pengampu: Prof. Dr.H.A.Rusdiana, M.M
Siti Saidah Gina Azkia. Lahir di Bandung, tanggal 15 Juni 2003, merupakan anak kedua dari dua bersaudara pasangan Bapak Cecep Dadang Sumpena, dengan Ibu Erni Sumarni.
Alamat Tempat Tinggal Jl. Cibaduyut, Blok lumbung RT 03 RW 02 Kel.Cibaduyut , Kec. Bojongloa kidul , Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia, Â 40236, HP: 089502527118, E-Mail : Â sginaazkia@gmail.com
Pendidikan: Sekolah Dasar/SDN Bojongloa 1 lulus tahun 2015, Sekolah Menengah Pertama/SMPN 38 Bandung lulus tahun 2018, Sekolah Mengah Atas/ Tarbiyatul mu’allimin wal mu’allimat Al Islamiyah Ponpes Albasyariyah, Bandung lulus tahun 2022. Dan sekarang kuliah di UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Lulus tes masuk UIN melalui jalur UM-PTKIN. Motivasi masuk ke UIN SGD jurusan MPI: ingin melanjutkan pendiidkan ke jenjang lebih mengenai manajemen Pendidikan berbasis keislaman.