Mohon tunggu...
Siti Rohmah Kurniasih
Siti Rohmah Kurniasih Mohon Tunggu... Guru - Guru Pendidikan Agama Islam

Saya adalah guru Pendidikan Agama Islam di jenjang Sekolah Dasar, memiliki ketertarikan terhadap media pembelajaran digital, dan pengembangan bahan ajar Pendidikan Agama Islam. Selain itu, saya senang berbagi praktik baik melalui youtube, sosial media, dan blog. Berbagi dan berkolaborasi adalah hobi saya, karena dari kegiatan itu saya dapat berkembang menjadi lebih baik dan terus bermanfaat untuk orang sekitar.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Menguatkan Ekosistem Digital Pembelajaran dengan Berbagi dan Berkarya

25 Oktober 2023   20:49 Diperbarui: 25 Oktober 2023   20:57 315
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar siswa memainkan Matching Game/Dok Pribadi

Hallo Sahabat Teknologi!

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi pengalaman dalam merancang dan mengimplementasikan inovasi pembelajaran digital dalam proses pembelajaran serta pengalaman saya melakukan kegiatan berbagi praktik baik bersama rekan guru di komunitas belajar sekolah dan diluar sekolah.

Sahabat Teknologi

Seperti yang telah kita ketahui, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin pesat berkembang, sehingga berdampak kedalam berbagai aspek kehidupan termasuk aspek pendidikan. Sehingga kita sebagai pendidik harus mempersiapkan generasi yang unggul untuk bersiap menyongsong era revolusi industri 5.0. 

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan digitalisasi dalam pendidikan melalui pemanfaatan berbagai platform digital sebagai penunjang proses pembelajaran. Hal ini pula yang memotivasi saya untuk merancang inovasi pembelajaran berbasis teknologi melalui pendekatan game based learning terintegrasi matching games.

Games based learning merupakan model pembelajaran inovatif yang berpusat pada murid dengan menggunakan permainan digital atau games sebagai media pembelajaran. Pendekatan games based learning dirancang tidak hanya sekedar untuk kebutuhan hiburan dan kesenangan semata, tetapi juga mampu meningkatkan pemahaman murid terhadap materi pelajaran. 

Selain itu dapat menstimulus emosional dan psikomotor murid secara lebih optimal. Dalam implementasi games based learning, saya mencoba mengintegrasikannya dengan permainan edukatif yaitu matching games (permainan mencocokkan) karena menurut saya permainan ini sangat cocok untuk perkembangan usia anak sekolah dasar yang masih suka bermain. Dengan demikian, murid dapat merasakan pengalaman belajar sambil bermain sehingga mereka merasa senang dan lebih bersemangat dalam belajar.

Langkah-langkah yang saya lakukan dalam mengimplementasikan pendekatan games based learning terintegrasi matching games adalah sebagai berikut:

  • Memilih game sesuai topik yang dibahas, karena topik kali ini saya ingin murid memahami cara memilah sampah maka saya memilih matching games dengan tujuan murid dapat memilah mana sampah yang termasuk organik, anorganik, dan berbahaya;
  • Menjelaskan konsep dari topik pembelajaran yang akan disampaikan kepada murid, sehingga pembelajaran menjadi lebih terarah. Dalam penjelasan konsep ini saya memanfaatkan multimedia pembelajaran interaktif menggunakan google site;
  • Menjelaskan aturan permainan matching games, sehingga murid dapat belajar dengan disiplin dan bertanggungjawab dalam mengerjakan permainan;
  • Murid memulai permainan matching games menggunakan media digital yang telah dikembangkan yaitu melalui aplikasi web wordwall.net secara sungguh-sungguh dan terarah;
  • Selesai bermain matching games, murid diberi kesempatan untuk mencatat pengetahuan dan pengalaman baru yang mereka dapatkan; Dan terakhir
  • Murid melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah didapatkannya.

Gambar siswa memainkan Matching Game/Dok Pribadi
Gambar siswa memainkan Matching Game/Dok Pribadi
Hasil dan dampak dari di terapkannya pendekatan game based learning terintegrasi matching game, murid menjadi lebih semangat dalam belajar terlihat dari antusias mereka terlibat dalam kegiatan diskusi, keaktifan mereka menjawab pertanyaan dari guru, dan hasil assesment formatif mereka yang menunjukan hasil yang lebih baik dari sebelumnya. 

Bahkan ketika diakhir pembelajaran saya bertanya tentang perasaan mereka setelah belajar, mereka kompak berteriak "Senang bu!", dari sini dapat disimpulkan inovasi pembelajaran melalui pendekatan game based learning sangat menyenangkan dan membantu murid memahami materi pelajaran dengan lebih optimal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun