Mohon tunggu...
Siti Rodlotur Rohmah
Siti Rodlotur Rohmah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Hobi membaca dan bernyanyi

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Branding Produk dan Pendampingan Marketplace UMKM Desa Balapulang Kulon Bersama KKN 122 UIN SAIZU Purwokerto

21 Agustus 2024   09:29 Diperbarui: 21 Agustus 2024   09:31 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penyerahan stiker logo pada Owner DNA bersama mahasiswa KKN 122 UIN SAIZU Purwkerto/dokpri

Balapulang Kulon, 18/08/2024-- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 122 dari Universitas Islam K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto telah melaksanakan branding produk UMKM di Desa Balapulang Kulon. Upaya branding ini berupa pendampingan bertahap yang dimulai pada tanggal 26 Juli sampai dengan 14 Agustus 2024. UMKM yang menjadi sasaran dalam program kerja ini adalah Spatula Bibah dan DNA Jaya. 

Dimana keduanya sama-sama bergerak dalam bidang makanan ringan atau cemilan. Spatula Bibah merupakan UMKM yang telah dirintis oleh Bu Anna sejak 2 tahun terakhir. Snack yang diproduksi Bu Anna setiap hari adalah risol mayo, moci dan basreng. Sedangkan DNA merupakan usaha milik Bu Ma'fiyah yang sudah berjalan sekitar 4 tahun terakhir. Tepatnya ketika covid 19 merambah Indonesia. 

Branding produk sendiri merupakan salah satu strategi pemasaran dengan mengenalkan identitas produk pada konsumen. Hal ini bertujuan agar produk lebih mudah dikenali oleh konsumen. Salah satu upaya branding yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UIN SAIZU kelompok 122 adalah pendampingan pembuatan logo, katalog produk dan pembuatan marketplace. 

Logo merupakan gambar atau kerangka dasar berupa konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang mandiri. Pada tahap awal, Senin 26/07/2024 mahasiswa melakukan survei ke beberapa pelaku UMKM dan menyampaikan maksud tujuan dan program kerja yang akan dilaksanakan. 

Setelah itu penggalian informasi terkait UMKM baik dari segi lamanya usaha, filosofi nama usaha dan harapan yang dimiliki oleh pemilik UMKM tersebut. Pada tahap kedua, Kamis 29/07/2024 Mahasiswa ikut membantu pembuatan risol, sedangkan pembuatan kembang goyang milik Bu Ma'fiyah dilakukan pada tanggal 31/07/2024 mulai dari meyiapkan bahan sampai dengan tahap foto produk tersebut.

Foto produk dilakukan dengan tujuan pembuatan katalog produk guna memudahkan promosi pnjualan online maupun offline. Pada tahap ketiga, Jum'at 02/08/2024 follow up logo mirong "DNA Jaya" milik Ibu Ma'fiah. Pada tahap keempat, Selasa 06/08/2024 follow up logo risol mayo, moci, dan basreng "Spatula Bibah" milik bu Anna. Pada tahap kelima, Minggu 11/08/2024 penyerahan stiker dan pendampingan pembuatan marketplace produk "Spatula Bibah" di aplikasi facebook. Pada tahap terakhir, Senin 12/08/2024 penyerahan stiker " DNA Jaya ". 

Penyerahan stiker logo pada Owner Spatula Bibah bersama mahasiswa KKN 122 UIN SAIZU Purwkerto/dokpri
Penyerahan stiker logo pada Owner Spatula Bibah bersama mahasiswa KKN 122 UIN SAIZU Purwkerto/dokpri

Pendampingan marketplace ini dilakukan secara bertahap dengan pantauan Mahasiswa KKN UIN SAIZU Kelompok 122 sampai selesainya KKN

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun