Mohon tunggu...
Siti RahmaDewi Siregar
Siti RahmaDewi Siregar Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perkembangan Psikologi Melalui Media Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini

4 Mei 2024   21:11 Diperbarui: 4 Mei 2024   21:21 80
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Media pembelajaran bagi anak usia dini sangat beragam, karena tanpa media pembelajaran yang bervariasi maka pembelajaran bagi anak didik di lembaga PAUD tidak akan menarik dan membosankan. Media pembelajaran yang digunakan biasanya dikhususkan untuk peningkatan aspek-aspek tertentu seperti kosakata, kognitif, berbicara, kreativitas, berhitung, bahasa, sosial emosional, fisik motorik, membaca, dan lain sebagainya.

Media Pembelajaran Kosakata

Media Compact Disk Interaktif, media ini merupakan bentuk multimedia CD yang membuat interaksi atau komunikasi secara langsung. Melalui media ini anak didik dapat belajar secara mandiri dan dapat belajar kapan saja. Materi kosakata dalam CD interaktif ini dapat dipraktekkan langsung oleh anak didik dan dipelajari secara berulang-ulang. Oleh karena itu kemampuan kosakata akan semakin meningkat.

Media kartu kata

Media ini disebut juga dengan flashcard. mengemukakan bahwa kartu kata bergambar (flashcard) adalah kartu kartu berukuran kecil yang bergambar dan berisi teks, atau symbol yang menuntun anak didik memahami materi sesuai dengan yang ada di kartu tersebut. Media kartu kata bergambar merupakan media visual, mudah dibawa kemana-mana, praktis, mudah diingat dan menyenangkan bagi anak-anak. Hal ini dikarenakan anak-anak pada rentang usia 0-6 tahun senang dengan media-media kartu dengan warna dan gambar yang beragam.

Media Perkembangan Kognitif

Media Scrapbook

berbasis Picture and Picture Penggunaan media ini dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. Kasdriyanto & Wardana (2021) mengemukakan bahwa media ini dapat disesuaikan dengan tema pembelajaran siswa dengan mengambil dan menempelkan gambar pada buku yang telah disediakan sesuai dengan yang biasa dijumpai pada lingkungan sekitar. Dengan belajar menggunakan gambar yang berwarna maka anak akan antusias dalam melatih daya kognitifnya sehingga mampu memahami tema peembelajaran dengan baik.

Media benda konkret

Melalui media benda konkret ini maka kemampuan klasifikasi anak akan meningkat. Kemampuan klasifikasi adalah kemampuan anak dalam memilih dan mengelompokkan benda sesuai dengan atributnya yang merupakan salah satu bagian dari perkembangan kognitif pada anak. Fauziddin (2018) menjabarkan bahwa media benda konkret didefinisikan sebagai benda sebenarnya yang dapat dilihat oleh panca indera secara nyata. Tujuan penggunaan media ini adalah untuk membuat nyata konsep-konsep pembelajaran yang abstrak menjadi nyata.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun