Mohon tunggu...
Siti padiah
Siti padiah Mohon Tunggu... Guru - Guru MTS AN-NAHDIYAH

Membaca dana memasak

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pendekatan-Pendekatan Dalam Perkembangan Peserta Didik Dalam Belajar

28 Oktober 2024   20:00 Diperbarui: 28 Oktober 2024   22:34 32
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://fatkhan.web.id/macam-macam-pendekatan-pembelajaran/

Pendekatan-Pendekatan dalam Perkembangan Peserta Didik dalam Belajar

Dalam proses belajar, pendekatan yang digunakan sangat berpengaruh pada perkembangan peserta didik. Pendekatan ini membantu memaksimalkan potensi belajar dan membantu mereka mencapai hasil yang optimal. Berikut adalah beberapa pendekatan utama dalam mendukung perkembangan belajar peserta didik:

1. Pendekatan Konstruktivisme

Konstruktivisme adalah pendekatan yang menekankan bahwa peserta didik membangun pemahaman mereka sendiri berdasarkan pengalaman. Guru berperan sebagai fasilitator yang membantu siswa mengeksplorasi pengetahuan baru. Dengan cara ini, peserta didik tidak hanya menghafal, tetapi juga memahami konsep secara mendalam.

2. Pendekatan Humanistik

Pendekatan humanistik menekankan pada kebutuhan emosional dan psikologis peserta didik. Teori ini menganggap bahwa perasaan dan kebutuhan individu sangat penting dalam proses belajar. Pendekatan ini berfokus pada pembentukan kepercayaan diri, empati, dan keterampilan sosial sehingga peserta didik merasa dihargai dan termotivasi.

3. Pendekatan Behaviorisme

Behaviorisme menitikberatkan pada perubahan perilaku sebagai hasil dari pembelajaran. Melalui pemberian penguatan positif atau negatif, perilaku belajar peserta didik dapat dibentuk. Pendekatan ini banyak digunakan dalam sistem pendidikan tradisional dan efektif dalam mengajarkan keterampilan dasar.

4. Pendekatan Kognitivisme

Pendekatan kognitivisme berfokus pada proses berpikir dan pemahaman kognitif peserta didik. Teori ini menilai bahwa pembelajaran terjadi ketika informasi diproses dalam pikiran peserta didik. Guru berperan untuk memfasilitasi cara-cara berpikir yang mendalam, seperti pemecahan masalah, analisis, dan pengambilan keputusan.

5. Pendekatan Sosial-Kultural

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun