Saat ini dunia masih digemparkan dengan wabah yang sangat berbahaya yaitu virus Covid-19. Walaupun vaksin sudah diproduksi dan dikirimkan ke tiap-tiap negara, tetapi vaksin itu belum dapat disebarkan di Indonesia, padahal kasus covid-19 kian semakin merebak bertambah banyak setiap harinya.
Dengan kasus Covid-19 yang semakin merebak di Indonesia, maka rata-rata intansi pendidikan melakukan pembelajaran secara daring melaui beberapa aplikasi bantuan untuk menjalankannya. Aplikasi tersebut seperti whatsapp, googleclassroom, zoom meeting, google meet dan lainnya. Hal ini dilakukan semata-mata agar memutus rantai penyebaran Covid-19 diranah pendidikan.
Pembelajaran yang sampai saat ini dilakukan secara daring tentunya akan membuat pengajar berfikir lebih untuk membuat pembelajaran yang tidak membosankan bagi peserta didik. Kondisi peserta didik pun tentunya mengalami kejenuhan bukan hanya karena pebelajarannya saja akan tetapi tempat belajar yang harus dilakukan di rumah setaip harinya selama masa pandemi Covid-19 ini.
Untuk itu harus ada beberapa upaya yang dilakukan oleh pengajar untuk membuat materi pembelajaran dan juga upaya yang dilakukan oleh peserta didik agar tidak stress dan bosan saat mengikuti pembelajaran secara daring di rumah.
Tips-Tips yang harus dilakukan pengajar, diantaranya adalah :Â
- Jangan stress
Tentunya tidak mudah bagi kita yang sedang melakukan pembelajaran di rumah secara daring sampai saat ini dengan waktu yang banyak yang telah dilewati selama masa wabah ini tersebar. Namun, kita harus mengontrol tingkat keemosionalan kita agar tidak mudah stress.
Cara agar pengajar tidak mudah stress maka cobalah mencari metode terbaik yang diperlukan, dengan demikian pengajar pun dapat dengan mudah untuk membuat pembelajaran semenarik mungkin tanpa merasa terbebani yang akhirnya bukan stress yang dirasakan melainkan menjalankannya pun dengan senang hati.
- Mencari aplikasi yang menarikÂ
Dalam penyampaian materi pada situasi seperti ini pengajar dituntut agar lebih kreatif dalam penyampaiannya. Materi pembelajaran dapat dibuat dengan menggunakan bantuan aplikasi menarik yang di dalamnya terdapat fitur untuk menambahkan illustrasi yang sesuai dengan materi, audio yang direkam langsung oleh pengajar yang dapat dimasukan dalam video pembelajaran tersebut, durasi materi setiap slidenya pun dapat diatur.
Kompenen tersebut dapat digunakan menggunakan beberapa aplikasi diantaranya adalah: canva, filmora, viva video, inshoot, dan lainnya.
- Buat peraturan pembelajaranÂ
Hal ini perlu dilakukan, karena agar peserta didik pun mampu untuk mengikuti pembelajaran secara daring dengan disiplin. Peraturan tersebut dapat dibuat sendiri oleh guru dengan meminta kesepakatan pula dari peserta didik.
Contohnya seperti pengajar membuat presensi kehadiran pada waktu pembelajaran yang telah ditentukan. Presensi ini dapat dibuat dengan mudah dengan cara membuat link pada google form, yang nantinya link tersebut dikirimkan ke grup kelas agar siswa dapat mengisi pesensi kehadirannya tanpa membuat grup kelas itu penuh dengan presensi.
- Pemberian tugas