merdeka resmi di luncurkan pada tahun ajaran 2022/2023 ini. Dalam pelaksanaannya, kurikulum merdeka dilakukan secara bertahap di beberapa sekolah yang sudah siap menerapkannya. Kurikulum Merdeka akan resmi menjadi kurikulum nasional pada 2024 mendatang.Â
KurikulumSystem penerapan kurikulum Merdeka sendiri bergantung kepada sekolah mana yang siap menerapkannya. Bisa di bilang saat ini adalah masa percobaan penerapan kurikulum merdeka untuk dilihat kesesuaiannya dengan kebutuhan suatu satuan pendidikan. Menurut data dari media kemendikbud tahun ini tercatat sudah 300 ribu lebih lembaga pendidikan yang menerapkan kurikulum merdeka, kenaikan pesat ini seakan menjadi hal yang positif pada penerimaan kurikulum merdeka.Â
"Bahkan sebelum kurikulum merdeka ini di tetapkan sebagai kurikulum nasional, data sudah menunjukkan bahwa kurikulum merdeka ini diterima dengan baik oleh satuan pendidikan." ucap Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek, Anindito Aditomo, pada Jumat (15/7/2022), di Jakarta.Â
Karakteristik Kurikulum Merdeka
Kurikulum merdeka belajar sendiri memiliki karakteristik yang lumayan berbeda dibanding kurikulum terdahulu, diantaranya pengembangan softskill dan karakter melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila, lebih leluasanya guru untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan lingkungan.Â
Karakteristik yang pertama yaitu pengembangan softskill dan karakter. Kurikulum merdeka mencetus ide baru, yaitu Projek penguatan profil pelajar Pancasila atau yang disebut dengan P5, merupakan suatu program yang bertujuan memberi peserta didik kebebasan untuk mengamati dan memikirkan solusi tentang permasalahan yang terjadi di sekitarnya. Hal ini dijadikan sebagai cara untuk mendorong peserta didik lebih kompeten, berkarakter, dan bertindak berdasarkan nilai-nilai Pancasila.Â
P5 memberikan kebebasan pada peserta didik untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan, mengembangkan keterampilan, dan menguatkan enam dimensi profil pelajar Pancasila. Peserta didik diharapkan mampu melakukan aksi nyata untuk merespon isu-isu mengenai gaya hidup berkelanjutan, toleransi, kesehatan mental, teknologi, budaya, dan lainnya, sesuai dengan perkembangan dan tahap belajar mereka.Â
Sementara karakter yang hendak di wujudkan melalui pembelajaran P5 ini antara lain beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, kreatif, dan bernalar kritis.Â
Karakteristik berikutnya adalah berfokus pada materi esensial. Perbedaan kemampuan kognitif anak menjadikan perbedaan setiap peserta didik dalam menerima dan memahami materi yang diajarkan, sehingga harus ada inovasi dalam mengatasi permasalahan yang sangat umum terjadi ini.Â
Kurikulum merdeka memiliki inovasi untuk memberikan kebebasan pada guru dan siswa untuk menciptakan sendiri pembelajaran yang efektif dalam kompetensi literasi dan numerasi. Materi esensial adalah materi berkelanjutan yang ada pada semua jenjang atau fase pendidikan. peran guru dalam menentukan materi esensial dalam pemilihan pembelajaran yang penting untuk kompetensi dasar.Â
Karakteristik ini fokus pada kualitas pembelajaran yang berkesinambungan dan didesain agar siswa memahami konsep pembelajaran dengan mendalam hingga pengimplementasiannya di kehidupan nyata.Â