A. Model Perkembangan Moral Kognitif
I. Pengantar
Model Perkembangan Moral Kognitif mulanya dikembangkan oleh Lawrence Kohlberg pada tahun 1950-1960. Teori Kohlberg mengombinasikan unsur-unsur psikologi, filsafat, dan pendidikan.
Teori ini diproposikan sebagai berikut:
1. Perkembangan moral adalah hasil dari penstrukturan kembali kognitif (seperti yang dikemukakan oleh Piaget).
2. Perkembangan moral terjadi dalam tahapan yang berurutan (Sequential).
3. Adanya serangkaian budaya dan standar moral maupun sosial yang berlaku secara internasional untuk dijadikan dasar dalam tahap-tahap perkembangan moral dilihat dari sisi pertimbangan moral.
4. Melalui proses pendidikan yang tepat, siswa dapat dibantu melewati hierarki tahap perkembangan moral supaya dapat meningkatkan kematangan keputusan moralnya.
Siswa mengembangkan struktur mental melalui proses interaksi dengan lingkungannya. Struktur-struktur mental tidaklah sederhana dan bukan merupakan gambaran keinginan masyarakat seperti kaidah-kaidah moral yang dipelajari dari orang tua.
II. Asumsi-Asumsi yang Mendasari Teori Perkembangan Moral Kognitif
Model pengembangan moral kognitif ini didasarkan pada asumsi-asumsi sebagai berikut: