Mohon tunggu...
Siti Nur Aisahh
Siti Nur Aisahh Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengenal Lebih Dekat Content Marketing Basic

27 Oktober 2022   01:28 Diperbarui: 27 Oktober 2022   01:39 128
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik


Sejumlah peserta mengikuti workshop pelatihan Digital Marketing Program Batch 2, dengan materi Content Marketing dan Campaign bersama Bondan Satria selaku copywriting expert, di Rumah pelatihan Rumah BUMN Yogyakarta (RuBY) BRICafe X Couvee lantai 2 Jalan Sagan No. 123, Terban, Gondokusuman, pukul 13.00 WIB, Selasa (18/10/2022).

Peserta terdiri dari 20 mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Aisyiyah Yogyakarta dan 10 UMKM dari berbagai bidang. Tujuan dari kegiatan ini untuk mahasiswa, adalah memperkaya pengetahuan mengenai aktivitas komunikasi digital yang diperlukan dan efektif. 

Menambah kompetensi untuk menjadi Digital Marketer khusus nya dalam penjualan produk dan jasa. Untuk UMKM adalah meningkatkan wawasan digital marketing dan peningkatan sales dari aktivitas digital marketing.

Nah, dalam dunia bisnis terutama bisnis online, content marketing rasanya sudah jadi sesuatu yang mutlak untuk dilakukan. Saat ini hampir semua pemasaran diarahkan ke digital. Maka dari itu kualitas konten yang diterima khalayak menjadi begitu penting. 

Saat menyebut content marketing apa saja yang muncul di pikiran kamu ? Buat konten? Jualan?
Yang pastinya jualan dengan konten. Jadi content marketing itu apa? Strategi jangka panjang untuk membangun relasi dengan customer. Dengan cara bikin konten berkualitas, relevan, konsisten, dan sesuai "customer journey". 

Contoh dalam content marketing,

* Dengan membuat blog yang kekinian
* Dengan membuat serial YouTube
* Video series yang akurat dengan isu terkini
* Menulis di blog dan website
* Merekam video dan menguploadnya, dll.

Ruang lingkup content marketing itu luas, lalu bagaimana ya caranya kita tahu bikin konten yang seperti apa?

Yaps! Jawabannya dengan membuat Content Mapping. Membuat konten yang sesuai dengan tahapan konsumen. Dengan kenali pembelimu, kenali produkmu dan kenali pesaingmu. Dan sesuaikan Customer dengan Temperatur Market :

Temperatur Market : Cold, Warm, Hot

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun