Mohon tunggu...
Siti Nazarotin
Siti Nazarotin Mohon Tunggu... Guru - Dinas di UPT SD Negeri Kuningan Blitar

Tebarkan manfaat lewat kata-kata. Akun Youtube: https://youtube.com/channel/UCKxiYi5o-gFyq-XmHx3DTbQ

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Artikel Utama

Panen Hasil Belajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di UPT SDN Kuningan

22 Juni 2024   20:04 Diperbarui: 25 Juni 2024   08:01 503
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kebersamaan Bapak Ibu Guru mengawal panen hasil belajar P5 | Sumber gambar: Elma Ainun Zumrodza 

Sabtu yang cerah  22 Juni 2024, di UPT SDN Kuningan menjadi saksi suksesnya kegiatan panen hasil belajar dari projek penguatan profil pelajar Pancasila. Para siswa dengan penuh antusiasme memanen ubi jalar yang telah mereka tanam dan rawat selama beberapa bulan terakhir.

Kegiatan ini tidak hanya membawa keseruan, tetapi juga mendidik anak-anak tentang pentingnya proses dan kerja sama dalam mencapai tujuan bersama.

Mengangkat Tema Gaya Hidup Berkelanjutan

Projek penguatan profil pelajar Pancasila di SDN Kuningan mengangkat tema gaya hidup berkelanjutan dengan tiga dimensi utama: mandiri, gotong royong, dan kreatif.

Kegiatan ini dirancang untuk mengajarkan siswa akan pentingnya nilai-nilai tersebut melalui berbagai aktivitas praktis dan kolaboratif. Berikut penjelasan proses panen hasil belajar hari ini, saya rangkum sesuai dimensinya masing-masing.

Suasana anak-anak dan para guru akan memanen ubi jalar | sumber gambar: Siti Nazarotin
Suasana anak-anak dan para guru akan memanen ubi jalar | sumber gambar: Siti Nazarotin

1. Mandiri

Anak-anak memanen tanaman ubi jalar yang ditanam dalam pot bekas minuman. Ada yang hasil panennya melimpah, ada juga yang sedikit.

Guru dan siswa bersama-sama menganalisis perbedaan hasil panen ini, menyadari bahwa perawatan dan media tanam mempengaruhi pertumbuhan tanaman.

Anak-anak membawa tanah dari rumah, yang kualitasnya bervariasi, mengajarkan mereka pentingnya kemandirian dalam proses bertani dan merawat tanaman.

Dimensi mandiri dalam aktivitas ini terlihat jelas saat anak-anak belajar bertanggung jawab atas tanaman mereka sendiri. Mereka harus memahami cara memilih media tanam yang baik, merawat tanaman secara rutin, dan mengatasi masalah yang muncul selama proses pertumbuhan.

Melalui kegiatan ini, anak-anak mengembangkan kemampuan untuk mengambil inisiatif, membuat keputusan sendiri, dan belajar dari kesalahan yang terjadi, sehingga mereka dapat menjadi individu yang mandiri dan bertanggung jawab.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun