Mohon tunggu...
Siti Nazarotin
Siti Nazarotin Mohon Tunggu... Guru - Dinas di UPT SD Negeri Kuningan Blitar

Tebarkan manfaat lewat kata-kata. Akun Youtube: https://youtube.com/channel/UCKxiYi5o-gFyq-XmHx3DTbQ

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Susu Kedelai, Minuman Warisan Dinasti Han yang Kaya Manfaat

16 Juni 2020   09:40 Diperbarui: 16 Juni 2020   12:48 3207
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selamat pagi K-ners, semoga kita selalu dalam lindungan Tuhan yang Maha Penyayang. Kali ini saya akan berbagi resep yang berbahan dasar kedelai. Yaitu Susu Kedelai. Pasti sudah familiarkan. Saya mulai saja ya.

Eh, sebelum saya bagikan resepnya, tak ada salahnya kita mengetahui asal usul dari Susu Kedelai ini ya. Dari mana asalnya dan siapa yang pertama membuatnya.

Asal-usul Susu Kedelai

Konon kabarnya, Susu kedelai ini asal-usulnya dari Negeri Tiongkok, dan telah ada di sana selama ribuan tahun, sekitar 1900 tahun yang lalu.

Diceritakan bahwa Raja Huainan, Liu An dari Dinasti Han karena sang ibu sakit tak dapat mengunyah makanan keras. Liu An kemudian menggiling kacang kuning yang telah direndam selama beberapa waktu menjadi cairan yang kemudian dikenal sebagai Susu Kedelai.

Mengapa disebut Susu? Karena warnanyan yang putih menyerupai susu.

Penyakit sang ibu kemudian berangsur membaik menyebabkan Susu Kedelai kemudian menyebar luas ke masyarakat. Susu Kedelai menjadi minuman umum di Tionghoa karena cocok diminum sepanjang tahun.

Pengalaman pertama membuat Susu Kedelai.

Sudah lama saya tidak membuat susu kedelai, hari ini kok pingin membuat lagi ya. Padahal dulu saya sangat sering membuat susu kedelai ini.

Kira-kira pada tahun 2009 an lah pertama kali membuat susu kedelai ini. Entah dari siapa resep itu saya dapatkan, saking lamanya saya sampai lupa. Yang jelas bukan dari hasil browsing, karena pada saat itu saya masih gaptek IT, sekarang juga belum pinter amat sih, hii jadi malu.

Cara membuat Susu Kedelai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun