Mohon tunggu...
Siti Mutoharoh
Siti Mutoharoh Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

saya seorang mahasiswi dan saya menjadikan laman ini sebagai tempat mencurahkan pengetahuan saya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Metode Pembelajaran Simulasi dan Contoh Penerapannya

29 November 2023   23:47 Diperbarui: 30 November 2023   00:23 454
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pendidikan merupakan aspek yang penting untuk dikelola secara efektif agar mampu beradaptasi sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Dari  Undang-undang No.2 tahun 1989 tentang pendidikan nasional menyebutkan bahwa setiap warga negara berhak atas kesempatan yang seluas-luasnya untuk mengikuti pendidikan agar memperoleh pengetahuan, kemampuan dan keterampilan yang sekurang-kurangnya setara dengan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan tamatan pendidikan dasar.

Didalam pembelajaran ini kita akan membahas tentang Model Pembelajaran Simulasi dan Contoh Penerapannya, apa itu simulasi? dan bagaimana cara penerapannya? baik kita simak penjelasannya sama-sama

A. Pengertian Metode Pembelajaran Simulasi

Simulasi adalah suatu motode pembelajaran yang dilakukan dengan cara meniru situasi sebenarnya untuk menggambarkan suatu proses kondisi atau lingkungan yang sedang dipelajari. Berikut definisi dan pengertian model pembelajaran simulasi dari beberapa buku:

- Menurut Abu Ahmadi: Simulasi atau bisa disebut Simulation berarti tiruan atau suatu perbuatan yang bersifat pura-pura saja.

- Menurut Sumantri dan Permana(2002) metode simulasi adalah cara penyajian pengajaran dengan menggunakan suatu tiruan atau menggambarkan situasi sebenarnya agar diperoleh pemahaman tentang hakikat suatu konsep, prinsip atau keterampilan tertentu.

B. Kesalahan atau kekurangan dalam penerapan metode simulasi. 

Menurut Sanjaya(2006), yaitu:

1. Pengalaman yang diperoleh melalui simulasi tidak selalu tepat dengan kenyataan di lapangan 

2. pengelolaan  yang kurang baik membuat simulasi yang dilakukan hanya sebagai alat hiburan, sehingga tujuan pembelajaran menjadi terabaikan.

3. Faktor psikologis seperti rasa malu dan takut sering mempengaruhi siswa dalam melakukan simulasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun